Kota Jogja Siap Lakukan Vaksinasi Booster untuk Lansia, tapi...

Antara ยท Kamis, 24 November 2022 - 18:15:00 WIB
 Kota Jogja Siap Lakukan Vaksinasi Booster untuk Lansia, tapi...
Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta siap melakukan vaksinasi booster kedua untuk lansia. (Foto Ilustrasi : Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id - Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta siap melakukan vaksinasi booster kedua untuk warga lanjut usia (lansia). Tapi Dinkes akan memastikan terlebih dahulu jumlah vaksin yang dimiliki sebelum melaksanakan program tersebut. 

"Izin dari Kementerian Kesehatan sudah ada, kami pun siap melakukannya. Tapi kami harus menghitung dulu persediaan vaksin yang dimiliki," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani di Yogyakarta, Kamis (24/11/2022).

Emma mengaku khawatir, jumlah vaksin yang ada tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan program vaksinasi booster kedua bagi warga lansia ini.

"Jangan sampai saat sudah dibuka, ternyata vaksin yang dimiliki terbatas. Apalagi saat ini expired date vaksin cenderung pendek-pendek sehingga harus bisa segera dihabiskan, jangan sampai terbuang," ucapnya.

Emma menngatakan saat ini jenis vaksin yang tersedia di Kota Yogyakarta hanya Pfizer yang berjumlah 870 dosis per 20 November.

Selama ini vaksin tersebut juga dimanfaatkan untuk vaksinasi reguler yang dilakukan di puskesmas atau rumah sakit di Kota Yogyakarta sesuai jadwal yang sudah ditetapkan oleh masing-masing fasilitas pelayanan kesehatan.

"Kami harus tahu ketersediaan vaksin untuk memastikan berapa kebutuhan kami saat harus menyelenggarakan vaksinasi booster kedua untuk lansia," ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: