KPU Bantul Segera Verifikasi Berkas Keanggotaan Parpol

Antara · Selasa, 16 Agustus 2022 - 19:38:00 WIB
 KPU Bantul Segera Verifikasi Berkas Keanggotaan Parpol
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul Didik Joko Nugroho. ( Foto : Antara)

BANTUL, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul segera melakukan verifikasi administrasi berkas keanggotaan partai politik. Verifikasi ini merupakan salah satu syarat menjadi parpol peserta Pemilu 2024.

Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho mengatakan, KPU kabupaten nantinya akan melakukan verifikasi administrasi terkait keanggotaan.

"Di dalam regulasi verifikasi administrasi ini rentang waktunya dari 16 Agustus sampai 29 Agustus 2022," kata Didik Joko Nugroho di Bantul, Selasa (16/8/2022).

Didik Joko Nugroho mengatakan total parpol yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 di KPU RI hingga 14 Agustus 2022 sebanyak 40 parpol, dengan 24 parpol telah lengkap berkas pendaftaran dan dikeluarkan berita acara, sementara 16 parpol masih dalam proses pemeriksaan berkas di KPU RI.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi parpol untuk menjadi peserta Pemilu 20224 adalah dukungan keanggotaan parpol di masing-masing daerah, sedangkan di Bantul jumlah minimal keanggotaan yang dibuktikan dengan KTA sebanyak 956 orang tersebar di sembilan kecamatan.

"Kita masih menunggu karena sampai dengan hari ini data itu belum diturunkan, tapi dalam konteks persiapan, KPU Bantul sudah melakukan beberapa persiapan, karena verifikasi administrasinya Sipol (Sistem Informasi Parpol) atau online," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: