KPU Gunungkidul Sediakan Bilik Khusus bagi Pemilih Bersuhu Badan Tertentu

Antara ยท Sabtu, 21 November 2020 - 09:33:00 WIB
KPU Gunungkidul Sediakan Bilik Khusus bagi Pemilih Bersuhu Badan Tertentu
KPU Gunungkidul mengundi nomor urut paslon yang berlaga dalam Pilkada serentak 2020. (Foto: iNews.id/Kismaya wibowo)

GUNUNGKIDUl, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul menyusun protokol kesehatan tata cara pencoblosan pada pilkada, 9 Desember 2020. Pemilih dengan suhu badan tertentu akan mendapatkan bilik khusus untuk mencoblos.

Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan bahwa pihaknya sudah menyusun protokol kesehatan pelaksanaan pencoblosan dengan menerapkan protokol kesehatan di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

"Protokol kesehatan pencoblosan di TPS adalah kebutuhan yang mendasar supaya saat pencoblosan tidak menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19," kata Ahmadi Ruslan Hani di Gunungkidul, Sabtu (21/11/2020).

Poin dalam protokol kesehatan pencloblosan di TPS, kata dia, mulai dari petugas yang harus menggunakan masker dan alat pelindung diri lainnya, di setiap TPS menyediakan alat mencuci tangan, sarung tangan, pengukur suhu badan, dan kelengkapan lainnya.

Selain itu, bagi pemilih dengan suhu badannya di atas 37,3 derajat Celsius, akan disediakan bilik khusus.

"Masih banyak aturan protokol kesehatan lainnya yang harus dipatuhi dalam pelaksanaan pencoblosan pada tanggal 9 Desember mendatang," kata Hani.

Editor : Ainun Najib