Kronologi Pembuangan Bayi di Sleman, 2 Tersangka Sempat Cari Rumah Sepi

Sindonews, Priyo Setyawan ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 11:55 WIB
Kronologi Pembuangan Bayi di Sleman, 2 Tersangka Sempat Cari Rumah Sepi
Pelaku pembuangan bayi di Sleman ditetapkan sebagai tersangka. (Foto: Sindonews).

SLEMAN, iNews.id - Polisi menetapkan dua orang tersangka pembuangan bayi di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta sebagai tersangka. Keduanya berstatus mahasiswa dan berpacaran sejak 2018.

Kanit Reskrim Polres Sleman, AKP Deni Irwansyah mengatakan, kedua pelaku berinisial K (21) laki-laki dan A (20) perempuan. Mereka membuang bayi hasil hubungan gelap mereka di rumah warga Berjokulon, Sidoluruh, Kecamatan Godean, Rabu (29/7/2020).

"Alasan mereka menaruh bayi di tempat itu karena lokasinya sepi," kata AKP Deni di Kabupaten Sleman, DIY, Minggu (2/8/2020).

Dari keterangan para tersangka, kronologinya bermula saat keduanya menjalin hubungan asmara sejak 2018 lalu. K merupakan warga Kota Palembang yang kuliah di fakultas kedokteran salah satu perguruan tinggi Kota Yogyakarta.

Tersangka A sempat melahirkan bayi di bidan wilayah Kasihan, Kabupaten Bantul, pada Selasa (28/7/2020). Karena takut dengan orang tua lantaran belum menikah namun punya, keduanya anak memutuskan untuk membuang bayi itu.

"Setelah dari bidan, mereka berputar-putar mencari tempat membuang bayi menggunakan mobil hingga Rabu (29/7/2020) dini hari, pukul 01.00 WIB," ujar dia.

Ketika itu mereka menaruh bayi mereka di rumah warga Berjokulon, Setiyo Sudarminto (68). Mereka pun menuliskan pesan agar yang menemukan bayi ini merawat dan menjaganya hingga besar.

Namun kasus penemuan bayi ini dilaporkan ke polisi. Dua tersangka tersebut dijerat Undang-Undang Perlindungan Anak. Mereka dianggap telah menelantarkan anak kandungnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal