Kurang dari 1 Jam, 3 Pemuda Ini Lakukan Pembacokan di 3 Tempat Berbeda

erfan erlin ยท Senin, 08 Agustus 2022 - 22:07:00 WIB
 Kurang dari 1 Jam, 3 Pemuda Ini Lakukan Pembacokan di 3 Tempat Berbeda
Pelaku kejahatan jalanan diamankan bersama barang bukti di Mapolresta Yogyakarta. (Foto : MPI/erfan Erlin)

YOGYAKARTA, iNews.id - Sungguh nekat apa yang dilakukan oleh tiga pemuda asal Kota Yogyakarta. Dalam waktu kurang dari satu jam, mereka melakukan pembacokan di tiga tempat yang berbeda. 

Kini ketiga pemuda ini terancam pasal berlapis. Dari ketiga pemuda itu, dua di antara pemuda ini melakukan penganiayaan menggunakan senjata tajam. 

Sementara seorang lagi diamankan karena sepeda motor miliknya digunakan untuk melakukan aksi kejahatan jalanan tersebut dan juga meminjamkan pedang untuk sarana penganiayaan. 

Ketiganya adalah PK alias Bowo (21) warga Jalan Tamansiswa 62 Yk Wirogunan Mergangsan, RNA alias Ambon (18) warga Pujokusuman MG 1/463  Keparakan Mergangsan dan MAS alias Pesek warga Celeban UH 3/588 Tahunan Umbulharjo Yogyakarta. 

Kapolresta Yogyakarta AKBP Idham Mahdi mengungkapkan ketiganya memiliki peran berbeda. PK sebagai jongki motor, RNA eksekutor dan MAS penyedia motor dan juga pedang. Ketiganya diamankan polisi, satu di antaranya terpaksa dilumpuhkan karena berusaha melarikan diri.

"Dua dari tiga pemuda ini melakukan kejahatan jalanan di tiga tempat berbeda dengan waktu nyaris tidak berselang lama," ujarnya. 

Akibatnya ketiga korban mengalami luka akibat sabetan senjata tajam berjenis celurit dan sempat dirawat di RS meski kini sudah di rumah. Mereka rata-rata mengalami luka bacok dan terpaksa harus dijahit.

Dari ketiga pelaku polisi mengamankan 3 (tiga) buah jaket yang dipakai pelaku pada saat melakukan kejahatan - 1 (satu) Clurit, 1 (satu) buah Pedang, 1 (satu) SPM Honda Scoopy Merah Hitam Nopol AB 4589 KI  dan 1 (satu) pasang sendal warna putih.

Kepada ketiganya, penyidik menjerat dengan pasal 170 KUHP juncto 55 KUHP juncto 56 KUHP dengan ancaman 9 tahun dan UU Darurat No 12 / 1951 dengan ancama 10 tahun penjara. 

Idham menambahkan pelaku yang merupakan mantan anggota geng Vascal, malam itu muter-muter untuk bertemu/berkelahi dengan Morenza yang sebelumnya tantang-tantangan. Namun tidak ketemu selanjutnya para pelaku melakukan kekerasan terhadap orang secara acak.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: