Layanan Siabah Jadi Inovasi Rupbasan Wates Antar Benda Sitaan Negara ke Pemiliknya

Kuntadi ยท Selasa, 24 Agustus 2021 - 11:55:00 WIB
Layanan Siabah Jadi Inovasi Rupbasan Wates Antar Benda Sitaan Negara ke Pemiliknya
Petugas Rupbasan kelas II Wates mengatar sepeda motor dalam layanan Siabah. (foto: doc/Rupbasan Wates)

KULONPROGO, iNews.id - Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas II Wates terus melakukan inovasi terhadap pelayanan kepada masyarakat. Dalam rangkaian peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia, meluncurkan layanan Siabah dan Service Merdeka. 

Layanan Siap Antar Barang sampai ke Rumah (Siabah) merupakan layanan pengantaran benda sitaan yang sudah inckracht (berkekuatan hukum tetap). Barang ini diantar sampai ke rumah sesuai permintaan pemiliknya. Barang sitaan yang diantar berupa sepeda motor dan juga mobil.

“Program ini untuk mendukung kegiatan zero overstay Basan (benda sitaan negara) dan Baran (barang rampasan negara). Sekaligus mendukung terwujudnya hukum yang berkeadilan,” kata Kepala Rupbasan Kelas II Wates,  Moch Kund Bedraningrat, Selasa (24/8/2021).  

Sedangkan layanan Service Merdeka merupakan layanan perbaikan kendaraan basan dan baran. Layanan ini menggandeng pihak ketiga yakni dengan SMK Muhammadiyah 1 Godean untuk merawat sepeda motor. Kendaraan yang awalnya susah dinyalakan, diperbaiki dan dirawat secara rutin, termasuk dipanasi sehingga kendaraan tetap terjaga. 

Selain sepeda motor juga dilakukan perawatan mobil khususnya pembersihan saluran pembakaran dan pendinginan. Perawatan ini menjadikan mesin lebih mudah dinyalakan, khususnya jenis truk. 

“Layanan service Merdeka ini nol rupiah alias gratis, tidak ada pungutan biaya. Pemiliknya juga kami ajak menyaksikan secara virtual,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: