Lolos Evaluasi Tahap Pertama, BAN-PT Perpanjang Akreditasi Unggul UMY

Kuntadi ยท Selasa, 12 Juli 2022 - 11:37:00 WIB
Lolos Evaluasi Tahap Pertama, BAN-PT Perpanjang Akreditasi Unggul UMY
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. (Foto :iNews.id/Kuntadi)

Indikator dalam menjaga mutu tersebut di antaranya, animo mahasiswa baru, rasio dosen dan mahasiswa, kualitas SDM, lulusan, serta akreditasi prodi. Pada semua indikator itu, UMY tidak mengalami penurunan mutu sehingga bisa mempertahankan akreditasi Unggul. 

Rektor UMY, Prof Gunawan Budiyanto mengatakan, Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang baik menjadi salah satu kunci dari keberhasilan UMY dalam mempertahankan akreditasi Unggul. Hal ini tidak lepas dari peran seluruh civitas akademika, khususnya para dekan fakultas dan kepala program studi berkaitan dengan kualitas pendidikan.
 
“Peningkatan dan evaluasi kinerja menjadi upaya UMY dalam mempertahankan mutu. Para mahasiswa juga dipantau apakah ia lulus tepat waktu atau tidak hingga alumni apakah sudah bekerja dan pekerjaannya sesuai dengan almamaternya,” katanya.  

Selama masa pandemi Covid-19, UMY tetap aktif dan tidak pernah melakukan lockdown total. Mahasiswa bisa melakukan proses belajar dan lulus tepat waktu. Dosen tetap melayani mahasiswa dan laboratorium tetap dibuka. 
  
“Akreditasi ini arus memotivasi seluruh civitas akademika untuk belajar menjadi lebih baik karena tidak semua kampus besar dapat lolos dalam tahap pertama pemantauan yang dilakukan BAN-PT,” ujarnya. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: