Longsor di Perbukitan Menoreh Kulonprogo Jebol Tembok Rumah Warga

Kuntadi ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 16:00:00 WIB
Longsor di Perbukitan Menoreh Kulonprogo Jebol Tembok Rumah Warga
Tembok rumah warga di Jatimulyo Kulonprogo jebol diterjang material longsoran tanah. (Foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id - Hujan deras yang mengguyur Perbukitan Menoreh telah mengakibatkan musibah tanah longsor di beberapa lokasi di Kabupaten Kulonprogo. Selain menimpa rumah, juga mengakibatkan menutup jalan warga rusak menutup jalan.

Salah satu warga yang rumahnya tertimpa longsor, Subowo  warga Dusun Kembang, Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo. Tebing setinggi 10 meter yang ada di samping rumah longsor dan menghantam rumah Subowo, Minggu (2/10/2022) siang kemarin.  

Akibatnya, dinding tembok rumahnya jebol dan material tanah masuk ke dlam rumah. Meski tidak ada korban jiwa, namun perkakas rumah korban rusak tertimbun. Sedang istri korban sempat terkena material longsoran namun hanya luka ringan. 

“Hujan kemarin memang deras. Sejak dulu memang rawan longsor,” katanya, Senin (3/10/2022). 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama sejumlah relawan telah turun untuk melakukan assesment. Dari laporan sementara ada sejumlah lokasi lain di Jatimulyo yang terkena longsoran, namun hanya menutup jalan desa.

“Masih ada beberapa yang belum tertangani karena masih labil dan cuaca kurang mendukung,” ujar Babinsa Jatimulyo, Serka Adi Sarjono.  

Di Wilayah Jatimulyo terpantau tiga titik longsoran. Yakni di Kembang, Pringtali dan Sumberejo. Sedangkan untuk proses pendataan masih terus dilakukan di lapangan dan evakuasi oleh tim gabungan.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: