Profil Enggar Suryo Jatmiko alias Miko, Anggota DPRD Bantul yang Jadi Tersangka Penipuan CPNS

Yohanes Demo ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 14:37:00 WIB
Profil Enggar Suryo Jatmiko alias Miko, Anggota DPRD Bantul yang Jadi Tersangka Penipuan CPNS
Enggar Suryo Jatmiko alias Miko, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bantul. (Foto : Ist)

BANTUL, iNews.id- Ini profil Enggar Suryo Jatmiko alias Miko (sebelumnya disebut ESJ) anggota DPRD Bantul tersangka kasus penipuan CPNS. Miko ditangkap di rumahnya Jalan Imogiri Barat, Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Bantul pada hari Jumat (30/09/2022) sore.

Miko tercatat sebagai anggota DPRD Bantul. Sejumlah jabatan mentereng diembannya. Di DPRD Bantul Miko menjabat sebagai Ketua komisi D.

Sementara di partai dia memegang jabatan Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Bantul. 

Miko juga disebut-sebut sebagai anggota DPRD Bantul termuda karena masih berusia 35 tahun saat dilantik jadi anggota DPRD .

Berdasarkan data website resmi DPRD Kabupaten Bantul, Enggar Suryo Jatmiko alias Miko merupakan anggota DPRD Kabupaten Bantul periode 2019-2024 dari daerah pemilihan (Dapil) I. Dia sebelumnya juga sudah terpilih sebagai DPRD Bantul pada tahun 2014.

Miko pernah jadi sorotan lantaran aksi pencintraaanya dengan mengayuh sepeda onthel saat terpilih menjadi anggota DPRD Bantul pada pileg 2014 silam. Saat itu dia naik sepeda onthel dari gedung DPRD Bantul ke rumahnya di Sewon.

Korbannya Lebih dari Satu 

Korban aksi dugaan penipuan yang dilakukan oleh anggota dewan ini ternyata tidak hanya satu. Penyidik Polda menyebut ada tiga korban dalam kasus ini. 

Wadir Reskrimum Polda DIY, AKBP Tri Panungko mengatakan, dalam kasus tersebut tersangka mengelabui para korbannya dengan dalih bisa membantu mengurus proses penerimaan pegawai di lingkungan Pemkab Bantul agar korban bisa diterima sebagai PNS.

"Korban adalah anak-anak dari para pelapor. Jadi ESJ ini mengaku bisa menjadi perantara agar para korban bisa diterima menjadi PNS atau pegawai P3K," kata dia saat konferensi pers di Mapolda DIY, Senin (03/10/2022).

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: