Mahasiswa UNY Ciptakan Ercavalin, Lotion Berbahan Bayam Duri

Kuntadi · Rabu, 15 September 2021 - 12:26:00 WIB
Mahasiswa UNY Ciptakan Ercavalin, Lotion Berbahan Bayam Duri
Mahasiswa UNY menciptakan pelembab kulit (lotion) dengan nama Ercavalin berbahan daun klit bayam duri. (Foto: doc/UNY)

SLEMAN, iNews.id – Lima mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil menciptakan pelembab kulit (lotion) yang diberi nama Ercavalin berbahan bayam duri (Amaranthus Spinosus L). Produk ini dipercaya mampu mengatasi permasalahan kulit kusam akibat paparan sinar matahari. 

Kelima mahasiswa UNY ini, Rizki Oktavianto Prodi Pendidikan Akuntansi, Ilham Saputra prodi Manajemen, Alifia Friska Aryani prodi Pendidikan Ekonomi, Fatcul Solikhan Prodi Pendidikan Kimia dan Dwi Nurul Fajriyah Prodi Kimia.

Mereka melakukan penelitian karena banyaknya permasalahan kulit muncul di Indonesia. Sebagai negara beriklim tropis, sinar matahari kerap mengakibatkan masalah iritasi kulit. Sedangkan lotion yang beredar di pasaran menggunakan bahan kimia dan tidak menggunakan bahan alami. 
 
“Selama ini lotion yang beredar di pasaran menggunakan bahan kimia, belum ada yang alami,” kata Rizki Oktavianto, (Rabu (15/9/2021). 

Tanaman bayam duri dipilih karena tanaman ini tidak banyak dimanfaatkan. Batang bayam duri memiliki kandungan flavonoid dan beliatin sebagai antioksidan dengan kandungan sebesar 0,098 gram per mililiter. Daun bayam duri juga mengandung vitamin A, C, E, niacinamide, glutathione, resveratrol coenzimeQ1, polyphennols, dan flavonoids. 

“Antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas dan sinar UV yang dapat mengakibatkan kulit kusam hingga kanker kulit sehingga akan merusak penampilan bahkan struktur kulit,” kata Ilham, Rabu (15/9/2021).

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2