Mahasiswa UNY Ciptakan Pelet Pakan Lele Berbahan Enceng Gondok dan Keong Sawah

Priyo Setyawan · Rabu, 20 Januari 2021 - 12:44:00 WIB
Mahasiswa UNY Ciptakan Pelet Pakan Lele Berbahan Enceng Gondok dan Keong Sawah
Dua mahasiswa UNY menunjukkan pelet pakan lele berbahan enceng gondok dan keong sawah. (Foto: doc/Humas UNY)

SLEMAN, iNews.id – Tiga mahasiswa program studi (Prodi) Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) meneliti enceng gondok dan keong sawah sebagai bahan dasar pembuatan pelet untuk pakan ikan lele. Bahan-bahan ini memiliki kandungan protein yang tinggi yang bisa untuk mengganti pelet pabrikan. 

Ketiga mahasiswa ini, Dinda Restu Nabila, Siska Yulianti dan Faridatul Liana. Penelitian ini dilakukan karena biaya pakan ikan menyumbang 70 persen dari produksi. Selain itu pelet pabrikan juga menggunakan bahan kimia.

Atas kondisi itulah, ketiga mahasiswa ini meneliti enceng gondok dan keong sawah yang banyak tersedia di alam. Selain ramah lingkungan biayanya juga murah. Tanaman enceng gondok memiliki kandungan protein hingga 11,2 persen, sedangkan keong sawah mencapai 15 persen. 

“Pelet dari enceng gondok dan keong sawah memiliki kandungan protein tinggi dan bisa menjadi solusi pakan ikan alternatif,” kata Dinda Restu Nabila, Rabu (20/1/2021). 

Pelet produksinya telah diujicobakan untuk pakan ikan lele dan berhasil cukup baik. Mulanya diberikan untuk benih lele berumur satu minggu dengan panjang 0,13 meter dan berat 0,15 kg. Setelah satu bulan panjang lele bertambah 0,03 meter dan berat bertambah 0,04 kg. Setelah 2 bulan panjangnya menjadi 0,28 meter dan berat 0,39 kg.

“Berdasarkan pertumbuhan ikan lele, pertumbuhan dan perkembangannya cukup baik dan ikan mampu beradaptasi dengan lingkungan selama seminggu,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2