Mahasiswa UNY Ciptakan Pie Mocaf Bertopping Ubi Kuning, Aman bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Kuntadi ยท Minggu, 03 Juli 2022 - 22:36:00 WIB
Mahasiswa UNY Ciptakan Pie Mocaf Bertopping Ubi Kuning, Aman bagi Anak Berkebutuhan Khusus
Mahasiswa UNY berhasil menciptakan pie mocaf yang aman untuk anak berkebutuhan khusus. (Foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id - Seorang mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rifqi Alauddin berhasil menciptakan makanan berbahan tepung mocaf (Modified Cassava Flour) menjadi pie mocaf yang dikombinasikan dengan ubi kuning. Camilan ini aman bagi anak berkebutuhan khusus karena kandungan protein dan guttennya sangat rendah.

“Fla dengan topping ubi kuning ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa gurih,” kata Rifqi. 

Menurut mahasiswa Prodi D4 Jurusan Tata Boga Fakultas Teknik UNY, ubi kuning banyak mengandung gizi dan memiliki gula alami yang lebih banyak dari kentang, tetapi jumlah kalori yang lebih sedikit. Ubi kuning dapat mengendalikan dan mengontrol gula dan tekanan darah, yang bisa mengurangi resiko kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

“Saya juga gabungkan tepung mocaf ini dengan tepung terigu untuk mengurangi kandungan glutennya” kata Rifqi. 

Untuk membuat kulit pienya dibutuhkan tepung terigu 150 gram, tepung mocaf 150 gram, margarin 160 gram, minyak sayur 2 sendok teh, garam dan air 8 sendok makan. Cara membuatnya dengan mencampur semua bahan sampai kalis dan kulit pie siap digunakan. 

Sedangkan untuk fla berbahan ubi kuning 200 gram, custrad powder 2 sendok makan, susu cair 200 ml, gula pasir 50 gram dan maizena secukupnya. Cara membuat fla, kukus ubi kuning sampai lunak/matang. masukan ubi kuning, custrad powder, susu cair, dan gula pasir kedalam blender dan digiling hingga halus. Masukan kedalam panci dan dimasak, tambahkan maizena agar mengental.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: