Masuk Jogjakarta, Wisatawan Harus Lengkapi Surat Hasil Rapid Test Antigen

Kuntadi · Senin, 21 Desember 2020 - 14:09:00 WIB
Masuk Jogjakarta, Wisatawan Harus Lengkapi Surat Hasil Rapid Test Antigen
Sri Sultan Hamengkubuwono x (Foto: doc/iNews.id)

SLEMAN, iNews.id – Kota Yogyakarta mulai dibanjiri wisatawan memasuki libur panjang Natal dan Tahun baru. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X meminta wisatawan yang datang untuk melengkapi dengan surat hasil rapid test antigen guna mengantisipasi penularan Covid-19. 

“Sekiranya akan datang ke DIY untuk tinggal di hotel agar memenuhi persyaratan itu,” kata Sultan, usai mengikuti apel pengamanan di Polda DIY, Senin (21/12/2020). 

Surat hasil rapid antigen ini sangat diperlukan untuk kenyamanan wisatawan itu sendiri dan masyarakat. Ini merupakan salah satu cara untuk mencegah penularan Covid-19. Upaya pemantauan yang paling sulit dilakukan lewat jalur darat. Berbeda dengan kereta atau pesawat, mereka sudah diwajibkan ketika akan bepergian. 

“Kami sudah minta koordinasi antar instansi untuk melakukan swab bagi wisatawan yang belum memenuhi aturan tersebut,” katanya. 

Wisatawan ini nantinya akan diarahkan untuk mengikuti rapid test antigen untuk mengetahui dia positif atau negatif Covid-19. Cara ini juga untuk mencegah munculnya klaster baru bagi wisatawan yang dinyatakan positif.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2