Menaker Ida Fauziyah Sebut Daya Saing Indonesia Berada di Peringkat 37

Kuntadi ยท Senin, 15 Agustus 2022 - 23:59:00 WIB
Menaker Ida Fauziyah Sebut Daya Saing Indonesia Berada di Peringkat 37
Menaker Ida Fauziyah memberikan keterangan pada pertemuan B20-G20 di Yogyakarta. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

SLEMAN, iNews.id - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengaku sudah membuat berbagai kebijakan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja Indonesia agar bisa bersaing di tingkat global. Saat ini indeks daya saing Indonesia berada di peringkat 37 dunia. 

“Alhamdulillah kami telah berkontribusi pada peningkatan indeks daya saing global Indonesia ke peringkat 37 dari 140 negara pada tahun 2021,” kata Ida pada Pertemuan B20-G20 Dialogue Future of Work and Education Task Force, di Yogyakarta, Senin (15/8/2022).

Untuk meningkatkan kualitas SDM, Kementerian Ketenagakerjaan juga berkolaborasi dengan sektor swasta, organisasi tenaga kerja dan akademisi. Balai Latihan Kerja (BLK) ditransformasi menjadi pusat kompetensi dan peningkatan produktivitas. Selain itu juga program pemagangan yang berkualitas. 

“Kami juga mendorong investasi dalam pembangunan ekonomi,” ujarnya.

Menurutnya, investasi yang baik akan berkontribusi menciptakan kesempatan kerja, mendorong transfer pengetahuan dan teknologi, mengembangkan kapasitas manusia, meningkatkan produktivitas dan berkontribusi pada perekonomian nasional.

“Untuk mewujudkan Future of Work butuh kolaborasi antara pemerintah dan swasta,” katanya. 

Forum dialog antara B20 dan G20 ini merupakan salah satu cara berkolaborasi untuk merumuskan langkah menghadapi tantangan pekerjaan masa depan dan pekerjaan yang layak.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: