Mudahkan Wisatawan, One Gate system di Jogja Diterapkan Setiap hari

Antara ยท Senin, 25 Oktober 2021 - 16:25:00 WIB
Mudahkan Wisatawan, One Gate system di Jogja Diterapkan Setiap hari
wakil wali kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menempelkan stiker ke bus wisata yang lolos screening. (Foto: antara)

YOGYAKARTA, iNews.id – Pemerintah Kota Yogyakarta akan menerapkan one gate system dalam menangani angkutan wisatawan yang masuk ke Kota Yogyakarta setiap hari, bukan saat libur akhir pekan saja. Langkah ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan. 

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, sistem ini dibangun untuk memastikan siapa saja yang datang dalam kondisi sehat, sudah divaksin untuk mencegah penularan Covid-19. Sistem ini telah diterapkan selama dua hari pada akhir pekan kemarin. 

Realisasi program ini, setiap bus wisata harus masuk ke Terminal Giwangan untuk menjalani screening. Setiap wisatawan harus sudah divaksin minimal tahap pertama dan membawa surat hasil rapid tes bebas Covid-19. 

Menurut dia, pengelola tempat khusus parkir bus pariwisata di Kota Yogyakarta juga sudah diminta untuk selalu mematuhi aturan one gate system yaitu hanya menerima bus pariwisata yang sudah lolos skrining di Terminal Giwangan Yogyakarta.

“Kebijakan ini ini rencananya tidak hanya akan dilakukan saat akhir pekan saja tetapi setiap hari,” katanya.

Saat ini Pemkot Yogyakarta sedang mengevaluasi dari penerapan uji coba yang dilaksanakan pada akhir pekan kemarin. Setidaknya ada 64 bus pariwisata masuk ke Terminal Giwangan dan hanya ada satu bus yang tidak lolos skrining. Sedangkan pada Minggu (24/10) tercatat 142 bus yang masuk Terminal Giwangan dengan lima bus tidak lolos skrining.

“Enam bus yang tidak lolos skrining tersebut disebabkan hampir separuh penumpang tidak bisa menunjukkan sertifikat vaksinasi. Jadi, mereka diminta putar balik, tidak diizinkan masuk Yogyakarta,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: