Pakar IT UGM Anjurkan Warga Waspadai Serangan Siber di Masa Pandemi Covid-19

Kuntadi ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 12:00 WIB
Pakar IT UGM Anjurkan Warga Waspadai Serangan Siber di Masa Pandemi Covid-19
Ilustrasi

YOGYAKARTA, iNews.id - Di masa pandemi Covid-19, kegiatan pertemuan lewat daring dan perbelanjaan secara online kian marak. Namun, sangat disayangkan akhir-akhir ini jutaan data akun pengguna bocor akibat serangan siber sehingga berisiko untuk disalahgunakan.

Pakar bidang teknologi informasi dari Universitas Gadjah Mada, Lukito Edi Nugroho mengatakan perlindungan data bagi pemilik akun digital sangat diperlukan. Namun, maraknya serangan siber pada aplikasi belajar daring dan aplikasi e-commerce menunjukkan masih rentannya sistem keamanan yang dimiliki sebuah aplikasi.

“Serangan kebanyakan berasal dari luar, tetapi kerentanan bisa muncul dari dalam,” kata Lukito dikutip dari website resmi UGM, Jumat (24/7/2020).

Menurut dosen teknik elektro dan teknologi informasi, fakultas teknik UGM ini serangan siber sering terjadi, tapi jika sistemnya tangguh maka tidak akan tembus. Sebaliknya, sistem yang rentan dengan banyak celah keamanannya ketika diserang ringan saja bisa bobol.

Sementara kerentanan yang disebabkan dari berasal dari kecerobohan penggunaan akun yang tidak diproteksi. Akibatnya, bisa dibajak orang dan digunakan untuk membobol dari dalam. Dia menjelaskan data akun yang bocor tersebut sering untuk diperjualbelikan atau bahkan hanya ajang pamer kemampuan.

“Bisa dua-duanya. Kalau datanya bernilai ekonomis misal data pribadi, data kartu kredit, bisa diperjualbelikan,” ucapnya.


Editor : Nani Suherni