Pelaku Wisata Tak Boleh Lengah Terapkan Protokol Kesehatan

Antara · Kamis, 03 Desember 2020 - 18:00:00 WIB
 Pelaku Wisata Tak Boleh Lengah Terapkan Protokol Kesehatan
Salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Pemda DIY meminta pengelola destinasi wisata tertib menjalankan protokol kesehatan. (Foto : Dok Okezone)

YOGYAKARTA, iNews.id- Seluruh pengelola destinasi wisata tidak boleh lengah dan lalai menerapan protokol kesehatan. Pemda DIY mengingatkan agar pelaku wisata selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam menyambut wisatawan dari dalam maupun luar daerah.

"Ini menjadi tugas teman-teman para pengelola destinasi wisata dan seluruh ikutannya, ada kuliner, ada suvenir, ada travel, betul-betul kita mohon mari kita tetap bergerak terus namun protokol kesehatan kita jaga," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji seusai acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2020 di Yogyakarta, Kamis (3/12/2020).

Aji mengatakan untuk tetap menjaga laju pertumbuhan ekonomi, DIY tidak mungkin menutup diri. Meski berbagai aktivitas memungkinkan menjadi sarana transmisi Covid-19, hal itu dapat dikendalikan sepanjang protokol kesehatan diterapkan secara ketat.

"Sepanjang kita menjaga protokol kesehatan saya kira tidak ada alasan bagi kita untuk menutup diri menumbuhkan optimisme pertumbuhan ekonomi yang ada di DIY," kata dia.

Ia mengakui sektor pariwisata hingga saat ini masih menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi DIY. Agar bisa terus berkelanjutan, sektor itu harus terus bergerak diringi penerapan protokol kesehatan secara ketat.

"Destinasi wisata menjadi andalan bagi kita tetapi kalau kemudian teman-teman destinasi wisata lengah tentu akan menjadi preseden buruk bagi pertumbuhan ekonomi di DIY karena pariwisata itu mengutamakan rasa percaya orang untuk datang ke DIY," kata dia.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengaku telah mengeluarkan surat edaran secara berkala untuk para pengelola destinasi wisata terkait penguatan penerapan protokol kesehatan, termasuk peningkatan kewaspadaan menyambut libur natal dan tahun baru.

Editor : Ainun Najib