Pemda DIY akan Tindak Tegas Penyalahgunaan Izin Lahan

Kuntadi ยท Kamis, 24 November 2022 - 21:00:00 WIB
Pemda DIY akan Tindak Tegas Penyalahgunaan Izin Lahan
Pemda DIY menggela expose pengawasan pemanfaatan Tanah kasultanan, Tanah kadipaten dan tanah kas desa. (foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.idPemda DIY akan menindak tegas pelanggaran izin pemanfaatan lahan, baik Tanah Kasultanan, Tanah Kadipaten maupun tanah kas desa. Lahan tersebut harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. 

Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, dalam beberapa pekan terakhir banyak pemberitaan mengenai pemanfaatan tanah yang tidak sesuai peruntukannya. Khususnya di atas Tanah Kasultanan. 

“Jangan sampai tanah itu hanya bermanfaat bagi sebagian kecil pihak yang berada wilayah tersebut. Penertiban akan disuport dari Asdatun Kejati DIY terhadap perizinan yang salah. Yang belum salah itu bisa kita cegah supaya tidak ada kesalahan,” kata Aji pada Ekspose Hasil Pengawasan Pemanfaatan Tanah Kasultanan, Tanah Kadipaten, dan Tanah Kalurahan tahun 2019-2022, di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (24/11/2022). 

Aji menekankan, kalurahan memiliki peran penting dalam pengelolaan dan pemanfaatan tanah tersebut karena  berhadapaan langsung dengan masyarakat. Pemerintah desa/kalurahan harus bisa menjadi contoh dalam pengelolaan dan pemanfaatan tanah tersebut tanpa melanggar regulasi yang ada.

Pemda DIY telah melakukan berbagai upaya agar pemanfaatan tanah-tanah tersebut sesuai dengan peruntukannya. Mulai dari sosialiasi hingga pengawasan oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY didukung kabupaten/kota se-DIY. Pengawasan pengelolaan dan pemanfaatan Tanah Kasultanan, Tanah Kadipaten, dan Tanah Kalurahan mendasarkan pada Undang-Undang RI Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Keistimewaan DIY.  

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (PTR) DIY Krido Suprayitno mengatakan, pengawasan ini untuk memantau dan menertibkan terhadap pelaksanaan izin pemanfaatan tanah-tanah tersebut. Ada tiga hal di dalam izin gubernur, yakni sewa-menyewa, izin perubahan penggunaan lahan, dan izin perluasan.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: