Pemda DIY Genjot Perlindungan Pekerja, Banyak Buruh Belum Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

Antara · Selasa, 16 November 2021 - 22:24:00 WIB
 Pemda DIY Genjot Perlindungan Pekerja, Banyak Buruh Belum Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan
Buruh pabrik di DIY. (Foto Ilustrasi : Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY akan menggenjot peningkatan cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Saat ini masih banyak pekerja yang belum  terdaftar. 

“Masih ada sekian puluh persen yang mestinya ikut tapi belum. Ini saya kira jadi PR kami,” kata Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, di sela kegiatan sosialisasi Penghargaan Paritrana Tahun 2021 di DIY BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jateng dan DIY di Yogyakarta, Selasa (16/11/2021).  

Penghargaan Paritrana tersebut dirasa sangat penting sebagai bagian perlindungan kepada masyarakat khususnya pekerja. Saat ini banyak pekerja yang rentan dengan kecelakaan, sehingga mereka butuh jaminan sosial ketenagakerjaan. 

"Paritrana itu kan sebetulnya mengikuti, kalau kita kinerjanya semakin baik, BPJS-nya makin baik, pemdanya makin baik, perusahaannya makin baik, otomatis Paritrana kita akan dapat,” katanya. 

Sebelumnya, DIY telah menjadi salah satu provinsi penerima Anugerah Paritrana Tahun 2020 bersama Papua Barat dan Sulawesi Utara. Penghargaan ini diberikan sejak 2017 sebagai upaya pemerintah bersama BPJS Ketenagakerjaan untuk meningkatkan jumlah peserta jaminan sosial ketenagakerjaan.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: