Pemda DIY Screening Ketat Pemudik dan Pendatang

Antara ยท Rabu, 23 Desember 2020 - 07:02:00 WIB
Pemda DIY Screening Ketat Pemudik dan Pendatang
Petugas melakukan tes cepat Covid-19 massal di Alun-alun Utara, Yogyakarta, Minggu (14/6/2020). (Foto Ilustrasi : Antara )

YOGYAKARTA, iNews.id- Pemda DIY akan melakukan screening para pemudik atau pendatang di lokasi tempat mereka singgah atau menginap. Screening akan dilakukan dengan mengecek surat hasil rapid test antigen atau swab.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan pengecekan surat hasil rapid test antigen kepada para pemudik tidak akan dilakukan di jalan raya karena dikhawatirkan justru menimbulkan kemacetan.

"Yang perjalanan darat biasa, itu kan tidak bisa dicegat di jalanan, karena macet nanti," kata dia di Kompleks Kepatihan, Selasa (22/12/2020). 

Dengan demikian screening terhadap para pendatang dilakukan dengan mengecek surat hasil rapid test antigen atau swab oleh ketua RT/RW, pengelola objek wisata, maupun pengelola hotel tempat mereka menginap.

"Kalau mudik dari Jakarta ke Yogyakarta, ya berarti di mana dia tinggal itu yang akan melakukan pengecekan," kata dia.

Sementara itu, untuk pendatang yang memasuki DIY menggunakan moda tranportasi umum, seperti pesawat maupun kereta api, dipastikan telah dicek hasil rapid test antigen oleh maskapai atau operator kereta api.

"Jadi sebetulnya turun ke stasiun atau turun ke bandara yang bersangkutan sudah memiliki hasil rapid test antigen," kata dia.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X telah mengeluarkan instruksi Nomor 7/INSTR/2020 tentang Penegakan Protokol Kesehatan Pencegahan Corona Virus Disease 2019 pada saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Salah satu poin instruksinya, meminta pengelola hotel atau penginapan, serta ketua RT/RW sebelum menerima tamu dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta meminta surat uji usap (swab) PCR, swab antigen, atau rapid test antigen dengan hasil negatif paling lama H-7.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: