Pemerintah Korut Pamerkan Tentara Anti-Virus Corona

Anton Suhartono ยท Kamis, 09 September 2021 - 13:45:00 WIB
 Pemerintah Korut Pamerkan Tentara Anti-Virus Corona
Parade militer Korea Utara menampilkan pasukan anti-Covid-19. (Foto : Reuters)

SEOUL, iNews.id - Untuk merayakan hari jadi  ke-73, Pemerintah Korea Utara (Korut) menggelar parade militer. Berbeda dengan biasanya parade ini menampilkan sekelompok pasukan yang mengenakan seragan hazmat oranye lengkap dengan masker respirator.

Tak seperti biasanya, parade militer digelar pada Rabu malam hingga Kamis (9/9/2021) dini hari waktu setempat itu tak mengarak rudal balistik.

Surat kabar pemerintah Rodong Sinmun merilis beberapa foto pasukan mengenakan hazmat oranye lengkap dengan masker sebagai dari upaya pemerintah memerangi Covid-19.

Kim Jong Un hadir dalam acara tersebut menyambut paramiliter, Pasukan Garda Merah Merah Pekerja-Petani, serta pasukan pertahanan sipil, yang berbaris di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang.

Beberapa senjata konvensional juga dipamerkan, termasuk peluncur roket serta kendaraan yang membawa rudal anti-tank. Namun tidak ada rudal balistik yang terlihat atau disebutkan dalam laporan media pemerintah, termasuk kantor berita KCNA.

Kim juga tidak menyampaikan pidato, berbeda dengan saat Oktober lalu. Saat itu dia membanggakan kemampuan nuklir negaranya serta memamerkan rudal balistik antarbenua yang tidak pernah terlihat sebelunya.

"Barisan pencegahan epidemi darurat dan Kementerian Kesehatan Masyarakat dengan antusiasme patriotik menampilkan keunggulan sistem sosialis di seluruh dunia, sambil dengan tegas melindungi keamanan negara dan rakyatnya dari pandemi," bunyi laporan KCNA.

Ini merupakan kali pertama sejak 2013 Korea menggelar melibatkan Pasukan Garda Merah Pekerja-Petani. Kesatuan ini merupakan pasukan cadangan yang dibentuk setelah keluarnya tentara China yang saat itu membantu Korut dalam perang 1950-1953.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: