Pemkot Jogja Batasi Iklan Rokok di Media Luar Ruang

Antara ยท Jumat, 12 November 2021 - 17:08:00 WIB
Pemkot Jogja Batasi Iklan Rokok di Media Luar Ruang
Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi. (Foto: Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta akan selektif memberikan izin penempatan iklan rokok di media luar ruang. Penempatan iklan luar ruang akan disesuaikan dengan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok.

“Penempatan iklan rokok di luar ruang akan dilakukan secara selektif untuk mengurangi jumlahnya. Kami sedang siapkan langkah strategisnya,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di sela peringatan Hari Kesehatan Nasional 2021 di Yogyakarta, Jumat (12/11/2021).

Pemkot Yogyakata telah memiliki Perda 2 tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok sebagai dasar untuk mengatur penempatan iklan rokok di media luar ruang. Selama ini sudah banyak usulan yang masuk, untuk tidak menempatkan iklan rokok di jalan-jalan protokol.

“Selama masa pandemi Covid-19, jumlah iklan luar mengalami penurunan. Ini menjadi kesempatan untuk terus mengurangi jumlah iklan rokok luar ruang,” katanya.

Heroe khawatir penempatan iklan rokok di media luar ruang dan media sosial secara masif bisa meningkatkan jumlah perokok pemula di Yogyakarta. Apalagi saat ini jumlah anak-anak yang menjadi perokok cenderung meningkat. Salah satunya diakibatkan masifnya penempatan iklan rokok di luar ruang.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: