Pertamina Pastikan Penggunaan Aplikasi saat Beli BBM Subsidi di DIY Belum Diberlakukan

Antara · Kamis, 30 Juni 2022 - 09:23:00 WIB
Pertamina Pastikan Penggunaan Aplikasi saat Beli BBM Subsidi di DIY Belum Diberlakukan
Pertamina menjamin belum akan mewajibkan penggunaan aplikasi MyPertamina saat membeli BBM bersubsidi di DIY. (Foto : MPI/erfan erlin)

YOGYAKARTA, iNews.id - Masyarakat DIY tak perlu khawatir, PT Pertamina (Persero) menjamin belum akan mewajibkan penggunaan aplikasi MyPertamina saat membeli BBM bersubsidi di wilayah ini. Per 1 Juli 2022, baru akan dilakukan uji coba pendaftaran melalui website MyPertamina.

Untuk diketahui, pemerintah memang akan memberlakukan syarat penggunaan aplikasi MyPertamina bagi masyarakat yang ingin membeli pertalite maupun solar

Sales Area Manager Pertamina wilayah Yogyakarta Muhammad Ivan Syuhada di menegaskan bahwa per 1 Juli 2022, baru akan dilakukan uji coba pendaftaran melalui website MyPertamina bagi pengguna kendaraan roda empat dan roda lebih dari empat di Yogyakarta yang merasa berhak membeli solar maupun pertalite.

"Tolong diluruskan supaya masyarakat di DIY, khususnya di Kota Yogyakarta tenang bahwa tanggal 1 Juli 2022 itu waktu dibuka pendaftaran," kata di Yogyakarta, Rabu (29/6/2022). 

Dalam masa uji coba tersebut, kata Ivan, masyarakat sudah bisa mendaftarkan kendaraannya di website subsiditepat.mypertamina.id untuk mendapatkan QR Code khusus.

Untuk mendaftar, masyarakat perlu menyiapkan foto diri, KTP, STNK, foto kendaraan, dan foto nomor polisi kendaraan kemudian diunggah di website tersebut dan menunggu proses verifikasi lima hingga tujuh hari.

Selain bisa diakses dengan aplikasi MyPertamina, QR Code yang diterima nantinya bisa diprint out dan dibawa fisiknya ke SPBU ketika ingin melakukan pengisian pertalite dan solar.

"QR Code itu sifatnya statis ya tidak berubah. Jadi yang punya 'handphone' bisa difoto, atau bisa dilaminating untuk ditempel di kendaraan," ujar dia.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: