Petani Bantul Sukses Kembangkan Buah Jeruk di Lahan Pesisir

Trisna Purwoko ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 19:49:00 WIB
Petani Bantul Sukses Kembangkan Buah Jeruk di Lahan Pesisir
Petani bantuk sukses mengembangkan tanaman jeruk di lahan pantai. (foto: istimewa)

BANTUL, iNews.id – Petani lahan pasir di Kabupaten Bantul terus melakukan diversifikasi pertanian. Sukses mengembangan tanaman melon, semangka sayuran dan bawang merah, kini mereka mulai mengembangkan tanaman buah jeruk.  

Budidaya jeruk di lahan pantai ini dilakukan petani memanfaatkan lahan seluas 4.200 meter. Pengembangan ini dilakukan oleh Forum Komunikasi Petani Ngremboko Lir Sambikala, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden. 

Ketua Forum Komunikasi Petani Ngremboko Lir Sambikala, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Suratno mengatakan perawatan tanaman ini tidak ada bedanya dengan bawang merah dan sayuran. Karena lahannya berupa pasir sehingga butuh media lain seperti pupuk kandang hingga irigasi yang mengandalkan dari sumur pantek yang disedot dengan pompa air.

“Usia satu tahun tanaman ini sudah berbuah dan bisa dipanen,” katanya Kamis (10/6/2021).   

Menurutnyam, musuh utama tanaman ini berupa hama rengit. Untuk mencegah hama tersebut harus dilakukan penyemprotan pestisida untuk mencegah daun layu dan tanaman mati. Sedangkan di antara tanaman jeruk masih bisa dipakai untuk menanam bawang merah dan sayuran.  

“Istilahnya seperti tumpang sari, namun memang pada akhirnya butuh biaya banyak karena harus merawat tanaman jeruk dan tanaman tumpangsarinya,” katanya.‎

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2