Polandia Dituding Berambisi Rebut Wilayah Ukraina

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 10 Juni 2022 - 22:47:00 WIB
 Polandia Dituding Berambisi Rebut Wilayah Ukraina
Rusia menuding Polandia berambisi merebut kembali wilayah Ukraina bagian barat. (Foto bendera Rusia dan Polandia : reuters)

MOSKOW, iNews.idPolandia dituding berambisi merebut kembali wilayah Ukraina bagian barat yang dulu pernah dikuasainya. Rusia melihat Polandia aktif melakukan upaya ke arah itu.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, sejuah ini pihaknya melihat bahwa di balik kebuntuan dialog dengan Rusia, Polandia mulai aktif ke arah upaya merebut wilayah Ukraina. 

"Rekan-rekan Polandia kita secara aktif mulai merebut wilayah Ukraina,” katanya kepada wartawan di sela-sela pertemuan tingkat menteri tentang keamanan Eurasia di Armenia, Jumat (10/6/2022).

Diplomat top Moskow itu mengatakan, penilaian tersebut dibuktikan dengan hak khusus yang baru-baru ini diberikan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kepada warga negara Polandia di Ukraina. 

Selain itu, ada pula laporan yang mengklaim bahwa Polandia sedang membangun sistem pajak paralel untuk Ukraina.

Hal senada juga diungkapkan Badan Intelijen Luar Negeri Rusia (SVR). Laporan badan itu kemarin menyebutkan, Zelensky memperlakukan Ukraina layaknya perusahaan, alih-alih sebuah negara berdaulat.

“Zelensky tampaknya menyetujui pengalihan kedaulatan Ukraina ke Polandia. Keinginan otoritas Polandia tentang kembalinya Perbatasan Timur diwujudkan dalam tindakan tertentu,” demikian pernyataan SVR seperti dikutip kantor berita Sputnik, Kamis (9/6/2022).

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: