Polda DIY Tangkap Tiga Buronan Transfer Dana Palsu

Priyo Setyawan ยท Selasa, 07 September 2021 - 19:35:00 WIB
Polda DIY Tangkap Tiga Buronan Transfer Dana Palsu
Petugas menunjukkan tiga DPO tersangka skiming di Polda DIY, Selasa (7/9/2021). (Foto: MNC Portal/Priyo Setyawan)

SLEMAN, iNews.id Polda DIY berhasil menangkap tiga buronan kasus tranfer dana palsu dengan modus penggandaan kartu ATM atau skiming. Ketika mendapatkan korban, pelaku akan menguras seluruh dana yang ada di dalam rekening.

Tiga tersangka yang diamankan P (44) dan S (52) warga Wonogiri, Jawa Tengah serta W (63) warga Sukoharjo, Jawa Tengah. Sebelumnya mereka telah ditetapkan ke dalam daftar pencarian orang (DPO). 

“Ada tiga tersangka yang kami tangkap, mereka memiliki peran yang berbeda. Mereka sebelumnya sudah kami tetapkan sebagai DPO,” kata Wadir Reskrimsus, Polda DIY AKBP FX Endriardi, Selasa (7/9/2021). 

Tersangka P sebagai pemilik alat duplikator dan meminjamnya kepada tersangka S untuk menarik dana pada ATM. Sedangkan W sebagai pengganda ATM, mencetak dan memindai serta koordinator penarikan ATM, sebagai penyedian ATM kosong dan mencuri data ATM. Ketiganya sekarang mendekam di sel tahanan Mapolda DIY.

Terungkapnya kasus ini berawal dari laporan korban Renata Nurmasari yang kehilangan uang di saldo rekeningnya senilai Rp21,5 juta. Korban tidak pernah melakukan penarikan uang, namun mendapatkan notifikasi transfer dana Rp20 juta, pada  25 Sepetember 2020. Selain itu juga ada penarikan uang Rp300.000 dan penarikan debet Rp1,25 juta pada 26 September.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: