Pura-Pura Jadi Petugas Survei Bansos, 4 Pemuda Ini Sikat Perhiasan Lansia Ratusan Juta Rupiah

erfan erlin · Selasa, 27 September 2022 - 07:39:00 WIB
Pura-Pura Jadi Petugas Survei Bansos, 4 Pemuda Ini Sikat Perhiasan Lansia Ratusan Juta Rupiah
Para tersangka dihadirkan bersama mobil yang menjadi sarana kejahatan, di Mapolsek Minggir, Senin (26/9/2022).( Foto : MPI/erfan Erlin)

SLEMAN, iNews.id- Empat orang pemuda asal Jawa Tangeh ini berpura-pura melakukan survei penerima bansos. Komplotan pencuri ini beraksi di Sleman dan berhasil mengelabui korbannya. Mereka berhasil mengondol sejumlah perhiasan emas senilai ratusan juta rupiah. 

Korban adalah D (59) warga Kalurahan Sendangmulyo Kapanewon Minggir Kabupaten Sleman. Lansia ini mengaku kehilangan perhiasan yang ia simpan di bawah kasur dalam kamarnya. Pelakunya diduga rombongan bermobil yang mengaku melakukan survei pemberian bantuan dari pemerintah.

Kapolsek Minggir, AKP Noor Dwi Cahyanto mengatakan peristiwa tersebut terjadi beberapa waktu yang lalu. Saat itu korban sendirian di rumah dan didatangi oleh 4 orang pelaku. Mereka datang mengunakan sebuah mobil. Kepada korban, para pelaku mengatakan akan melakukan survei penerima bantuan. "Korban menerima pelaku baik-baik,"tutur dia, Senin (26/9/2022).

Para pelaku mengaku perwakilan dari pemerintah pusat yang akan menyalurkan bantuan. Untuk meyakinkan, pelaku meminta testimoni korban perihal apa harapan korban bila akhirnya mendapatkan bantuan. Di sela itulah, ada pelaku yang melihat kondisi rumah.

Salah satu pelaku kemudian masuk ke dalam rumah korban dan mencari benda berharga yang bisa dibawa. Dan akhirnya pelaku tersebut  menemukan sebuah kamar. Dari kamar korban, tepatnya di bawah kasur, tersangka mendapati sejumlah perhiasan milik korban. 

"Setelah salah satu pelaku berhasil meraih perhiasan, rombongan tersebut segera meninggalkan lokasi,"ujar dia

Untuk menepis kecurigaan, pelaku berpamitan kepada korban, mereka mengatakan jika survei sudah selesai dan akan ditindaklanjuti. Kemudian, mereka pergi meninggalkan korban, menuju Salatiga, Jawa Tengah. Akibat perbuatan para tersangka, korban mengalami kerugian total Rp105 juta

Korban kemudian didampingi anaknya melaporkan peristiwa yang menimpanya ke Mapolsek Minggir. Polisi langsung melakukan penyelidikan guna mengungkap identitas pelaku. Merekapun mengantongi identitas pelaku dan langsung melakukan pengejaran.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: