Rektor UWMY: Pindah IKN Jangan Tergesa-Gesa, Perencanaan Harus Cermat

Antara ยท Rabu, 02 Maret 2022 - 11:11:00 WIB
Rektor UWMY: Pindah IKN Jangan Tergesa-Gesa, Perencanaan Harus Cermat
Rektor UWMY Edy Suandi Hamid (Foto: antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Rektor Universitas Widya Mataram Yogyakarta Edy Suandi Hamid berharap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru tidak tergesa-gesa. Pembangunan harus dilaksanakan secra cermat dengan perencanaan yang matang. 

“Saya berpandangan ibu kota perlu dipindah dari Jakarta ke luar Jawa, tetapi jangan tergesa-gesa pelaksanaannya," kata Edy dalam forum Diskusi Publik 1 "Pindah Ibu Kota Negara di Mata Cendekiawan Yogya" secara virtual di Yogyakarta, Selasa (1/3/2022).

Edy berharap, membangun ibu kota baru ini jangan seperti kasus pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Karena dilakukan secara tergesa-gesa karena perencanan minimun, dan penganggaran tidak cermat. 

”Perlu perencanaan wilayah, anggaran, model struktur ibu kota dan aspek terkait lainnya agar model ibu kota yang dibangun bisa komprehensif,” katanya.

Dia memperkirakan biaya pindah ibu kota RI minimum memerlukan anggaran Rp466 triliun atau 32,14 miliar dolar AS. Jika tidak diperhitungkan secara cermat, biayanya bisa membengkak berlipat seperti kasus membangun kereta api cepat.

"Kalau itu terjadi, kita menghadapi masalah baru yang serius karena biaya pindah ibu kota itu sangat besar nilainya," kata dia.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: