Relief Candi Borobudur dan Prambanan Simpan Cerita Edukatif

erfan erlin ยท Minggu, 16 Oktober 2022 - 20:00:00 WIB
Relief Candi Borobudur dan Prambanan Simpan Cerita Edukatif
Penulis Buku, Handaka Vijjananda menunjukkan buku dari cerita relief Candi Borobudur. (Foto: istimewa)oto

YOGYAKARTA, iNews.id - Peninggalan Cagar Budaya Candi Borobudur dan Candi Prambanan menyimpan banyak narasi edukatif yang terpahat dalam setiap reliefnya. Ribuan relief yang ada di kedua candi tersebut menjadi ladang ilmu pengetahuan yang menari dipelajari, dan baru 91 persen 

Penulis Buku, Handaka Vijjananda mengatakan, dirinya sudah berhasil menyusun 34 buku relief Borobudur. Belum lama ini dia juga berhasil menulis tiga buku, Magazine Legacy Of Love, kemudian Alvatara dan Romansa Manohara yang bersumber cerita di balik relief 

"Ada 1.460 relief dengan berbagai cerita di belakangnya," ujarnya di Yogyakarta, Minggu (16/10/2022). 
  
Ketiga buku terbarunya ini bertema kasih sayang. Seperti kasih sayang suami terhadap istri, rakyat terhadap raja ataupun raja ke rakyat dan kasih sayang-kasih sayang yang lain.

Handaka menuturkan ada 38 cerita yang ia susun berdasarkan relief yang bertemakan kasih sayang. Semuanya memiliki makna yang beragam antara satu dengan yang lain. Namun relief-relief tersebut memiliki benang merah untuk menuju ke sebuah tujuan.

"Itu semua tentang pesan kebajikan, kasih sayang, solidaritas melayani semua makhluk untuk menjadi yang terbaik dari diri sendiri," kata dia.

Menurutnya, nilai-nilai yang diwariskan para leluhur itu banyak sekali. Berdasarkan riset yang mereka lakukan, ada lebih dari 100 cerita yang berhasil mereka identifikasi.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: