Rentenir Masih Jadi Tantangan Koperasi di Kulonprogo

Kuntadi ยท Rabu, 27 Juli 2022 - 16:28:00 WIB
Rentenir Masih Jadi Tantangan Koperasi di Kulonprogo
Penjabat Bupati Kulonprogo Tri Saktiyana meninjau produk UMKM yang dihasilkan koperasi di Kulonprogo. (foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id - Peran koperasi sebagai soko guru perekonomian di Indonesia masih memiliki berbagai tantangan. Salah satunya yang dihadapi koperasi di Kabupaten Kulonprogo praktik rentenir yang meminjamkan uang dengan tingkat bunga yang mencekik. 

“Kalau saya boleh sambat, koperasi itu masih kalah sama rentenir,” kata Ketua BMT Surya Parama Artha, Kasdiyono dalam sarasehan Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 di Pantai Mlarangan Asri, Kulonprogo, Rabu (27/7/2022).

Dalam praktiknya rentenir bekerja sangat cepat. Cukup dengan fotokopi KTP, proses kredit akan langsung diproses dan langsung cair. Kecepatan inilah menjadikan masyarakat tergiur untuk mendapatkan pinjaman tanpa banyak berbelit. Mereka lupa jika bunga yang diberikan sebenarnya sangat memberatkan.

“Masyarakat tergiur dengan sistemnya yang cepat, sehingga lupa kalau bunganya mencekik,” kata Mantan Ketua DPRD Kulonprogo ini. 

Untuk itulah, dia berharap koperasi bisa turun tangan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat. Koperasi harus hadir di tengan masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh anggotanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: