Sapa Aruh, Sultan Janji Percepat Bansos dan Refocusing Danais untuk Tangani Covid-19

Suharjono ยท Rabu, 21 Juli 2021 - 18:53:00 WIB
Sapa Aruh, Sultan Janji Percepat Bansos dan Refocusing Danais untuk Tangani Covid-19
Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat menyampaikan Sapa Aruh di Kepatihan, Rabu (21/7/2021). (Foto : Ist)

"Bertolak dari pertimbangan itu, Pemda DIY akan lebih mempercepat kelancaran bantuan sosial dari Pemerintah Pusat, baik berupa uang, sembako maupun vitamin dan obat-obatan bagi mereka yang berhak. Sedangkan dari APBD dan Danais segera dilakukan refokusing anggaran secara maksimal dengan merealokasi ke dana bantuan sebagai dampak pandemi Covid serta pengadaan perlengkapan dan peralatan kesehatan yang mendesak diperlukan," katanya.

Tidak hanya itu pemda DIY juga akan melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi, agar segera terbentuk imunitas kelompok (herd immunity). "Pertanyaannya Lalu bagaimana dengan Protokol Kesehatan? Saya yakin dan percaya, bahwa dengan pelonggaran itu nanti, Rakyat Yogya pasti siap sedia untuk melakukan penegakan protokolnya secara mandiri," harapnya.

Suami GKR Hemas ini kemudian mengingatkan kembali dukungan rakyat Yogya terhadap NKRI yang tidak pernah surut. Sedangkan bagi mereka yang melanggarnya, harus siap menanggung risiko sanksi sosial dan sanksi hukum. 

"Dalam hal ini, Pemda DIY akan melibatkan secara aktif TNI/Polri melalui pemberlakuan aturan BKO dengan menempatkan posisi dan peran TNI/Polri dalam sistem komando operasional di lapangan," tegas tokoh yang nama kecilnya Herjuno Darpito ini.
 
Sultan merasakan, saat ini masyarakat  telah jauh dari kemurnian, kesederhanaan, kejujuran serta rasa saling-percaya dan saling-menghargai. "Betapa kita sudah menjauh dari titik awal keberangkatan kita. Di hari-hari yang penuh cobaan-Nya ini, hendaklah menjadikan kita manusia yang tercerahkan secara akal, budi, dan spiritual. Akal kita menjadi jernih, emosi lebih terkendali, dan ruang spiritual mengarahkan diri kita untuk menjadi lebih cerdas, arif, lagi bijak dalam mempertimbangkan setiap kata dan perbuatan," ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: