Seperti Ini Rangkaian Akad Nikah Kaesang-Erina dengan Adat Yogyakarta Beserta Maknanya

erfan erlin ยท Selasa, 06 Desember 2022 - 21:12:00 WIB
Seperti Ini Rangkaian Akad Nikah Kaesang-Erina dengan Adat Yogyakarta Beserta Maknanya
Kaesang Pengarep hadir dalam acara gladi bersih di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo. (Foto : Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Akad nikah Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono akan dilaksanakan di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Sabtu (10/12/2022). Di lokasi yang perna menjadi  tempat tinggal Sri Sultan HB VII inilah janji suci akan diucapkan.

Budayawan sekaligus Wedding Organizer Pernikahan Production, Wigung Wratsangka mengatakan, prosesi awal yang akan dilaksanakan yakni akad pernikahan yang dipimpin Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Depok, Muhammad Wiyono. Rangkaiannya akad nikah sendiri sesuai dengan adat Yogyakarta dengan acuan dari Keraton Yogyakarta.

"Meski ada acuan dari Keraton Yogyakarta tetapi tidak sama. Musti ada perubahan karena yang menyelenggarakan orang biasa," tutur dia, Selasa (6/12/2022).

Dia menambahkan di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo memang digunakan sebagai lokasi khusus acara inti akad nikah, dilanjutkan upacara ritual adat Jawa panggih pengantin dengan tradisi Yogyakarta.

Rangkaian tradisinya sendiri akan diawali dengan penyerahan calon pengantin putra usai akad pernikahan. Calon mempelai kemudian dibawa ke mimbar dan dilanjutkan pemeriksaan rukun-rukun pernikahan, di antaranya adanya calon pengantin putra dan putri, wali nikah, saksi-saksi. "Hal itu disesuaikan dengan data di KUA serta dilakukan pengecekan mahar atau maskawin,"ujar dia.

Setelah dipastikan lengkap, dilanjutkan ijab kabul, penandatanganan buku nikah, penyerahan buku nikah oleh pencatat nikah, dan penyerahan mahar.  Setelah itu kemudian akan ada acara pemakaian cincin. Setelah itu mempelai dibawa  ke pelaminan didampingi ayah dan ibu. 

Setelah prosesi inti itu baru dilanjutkan upacara adat Yogyakarta, yakni panggih temanten atau mempertemukan kedua pengantin. Sebelum dipertemukan, mempelai perempuan akan menaiki kereta kencana dari Lobi Hotel Royal Ambarrukmo menuju ke kuncungan pendopo.

"Upacara ini mengikuti tata cara Kraton Yogyakarta. Meskipun, ada sejumlah modifikasi dalam prosesinya karena masyarakat biasa," ujarnya.

Dia menuturkan proses itu dimulai dengan penyerahan pisang sanggan (barang antaran) yang dilakukan mempelai perempuan. Hal ini mendasarkan pada pihak perempuan yang memiliki hajat dan sesuai dengan petunjuk dari pihak Keraton Yogyakarta.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: