Serahkan 43 NIB kepada UMKM, PJ Bupati Kulonprogo: Jangan Pinjam Uang ke Rentenir

Kuntadi ยท Selasa, 27 September 2022 - 17:48:00 WIB
Serahkan 43 NIB kepada UMKM, PJ Bupati Kulonprogo: Jangan Pinjam Uang ke Rentenir
Sejumlah pelaku UMKM di Kulonprogo mengurus nomor induk berusaha. (foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Penjabat Bupati Kulonprogo Tri Saktiyana meminta pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk melengkapi dengan nomor induk berusaha (NIB). Nomor ini penting untuk pengembangan usaha di era digital.

“NIB ini sangat penting dan harus diurus karena menjadi akses bagi pengembangan usaha,” kata Tri Saktiyana pada Bimbingan Teknis Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Penyerahan NIB oleh Kementerian Investasi di Nanggulan, Kulonprogo, Selasa (27/9/2022). 
 
Menurutnya NIB setara dengan sertifikat yang bisa dijadikan agunan untuk mengurus usaha. Hanya menggunakan NIB, pelaku UMKM bisa mengajukan pinjaman melalui kredit usaha rakyat (KUR) dengan nilai mencapai Rp 25 juta. 

“KUR ini bunganya hanya tiga persen per tahun. Kalau lari ke rentenir bunganya 6 persen satu pasaran,” katanya.

Staf Ahli Bidang Pengembangan Sektor Investasi Prioritas Kementerian Investasi, Aries Indanarto mengatakan, pemerintah pemerintah pusat dan daerah wajib memfasilitasi usaha kecil, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah mewajibkan pemerintah mendukung pelaku usaha kecil.

Aturan ini telah dibreakdown dengan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kemitraan di Bidang Penanaman Modal Antara Usaha Besar Dengan UMKM di Daerah juga sudah jelas mengatur bagaimana kolaborasi pengusaha besar dan kecil untuk mendukung pekerjaan investasi besar, bisa sebagai supplier atau pemasok. 

“Kami targekan sebanyak 100.000 NIB ini dilakukan di 20 titik di seluruh provinsi di Indonesia. Sekarang sudah berlangsung di 10 titik," katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: