Sering Ngamuk dan Ancam Warga dengan Parang, Mbah Gimin Puluhan Tahun Dikurung Dalam Kamar

erfan erlin ยท Rabu, 16 November 2022 - 13:52:00 WIB
Sering Ngamuk dan Ancam Warga dengan Parang, Mbah Gimin Puluhan Tahun Dikurung Dalam Kamar
Lurah Ngoro-oroSukaso menengok Mbah Gimin. (Foto: MPI/Erfan Erlin)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Gimin (68) warga Dusun Gunungasem, Kalurahan Ngoro-oro, Kapanewon Patuk, Gunungkidul harus hidup di dalam kamar berukuran 2x4 meter yang gelap dan lembab. Sudah puluhan tahun dia ditempatkan di kamar ini karena sering mengamuk dan mengancam warga. 

Sebenarnya rumah keluarga Gimin cukup besar, berukuran 12 X10 meter. Namun oleh warga dan kerabatnya, dia ditempatkan di kamar yang berukuran kecil tersebut. Pintunya kini terbuat dari jeruji besi baja sehingga dia tidak mungkin keluar.

Seluruh aktifitasnya dilakukan di dalam kamar kecil tersebut mulai dari makan, tidur ataupun buang air. Lelaki ini hanya tidur beralaskan karpet plastik yang diletakkan di lantai.

Untuk makan sehari-hari, dia mendapat kiriman dari Giyanto salah satu kerabatnya. Keponakannya inilah yang selama ini mencukupi berbagai kebutuhan dari Mbah Gimin

“Sudah lama Mbah Gimin dikurung disitu. Karena kalau di luar dia sangat membahayakan dan kerap mengancam,” kata Duuh Gunung Asem Ika Wijayanto.  

Ika mengatakan, dulu Mbah Gimin memang pernah belajar di pondok pesantren. Namun dia keluar dan pulang ke rumahnya di Dusun Gunungasem dan sejak itu dia mengalami gangguan kejiwaan.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: