Sidang Tahunan DPR Bakal Dihiasi Batik Motif Kawung, Ini Maknanya

erfan erlin ยท Senin, 15 Agustus 2022 - 15:05:00 WIB
Sidang Tahunan DPR Bakal Dihiasi Batik Motif Kawung, Ini Maknanya
Batik motif kawung (Foto: Dokumen Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat)

YOGYAKARTA, iNews.id - Sidang tahunan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang akan digelar pada 16 Agustus rencananya akan dibalut dengan nuansa Batik Kawung. Ini merupakan motif batik tertua yang berasal dari Yogyakarta. 

Pegiat Batik Gunungkidul, Guntur Susilo menyebutkan, berdasarkan sejarah motif Batik Kawung sudah ada sejak masa ke-13 pemerintahan Kasultanan Mataram seperti yang pernah dibaca dalam buku sejarah batik. Motif Kawung sesuai susunan geometris motifnya diartikan sebagai lambang kehidupan manusia dengan harapan agar manusia tidak lupa denan asal-usulnya.

"Motif Batik Kawung juga memiliki makna yang mendalam, melambangkan kesederhanaan raja yang selalu mengutamakan kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Batik Kawung telah dinobatkan sebagai salah satu motif batik paling populer oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Motif ini tidak hanya terkenal di dalam negeri namun sampai ke mancanegara. 

Guntur menyebut, motif Batik Kawung memang menjadi salah satu motif batik tua yang berasal dari Yogyakarta. Dulu motif ini tidak bisa digunakan oleh sembarangan orang Awalnya, hanya boleh digunakan untuk golongan orang tertentu yang memiliki hubungan dengan keluarga raja Keraton Yogyakarta.

Motif ini memiliki banyak variasi baik dari corak, hiasan ataupun lengkungannya serta pewarnaannya. Motif Batik Kawung berbentuk seperti irisan buah kawung atau lebih dikenal sebagai buah kolang-kaling atau buah aren.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: