Sri Sultan Menyapa: Saat Ini Seperti Masa-Masa Tahun 2006 Lalu

Nani Suherni ยท Selasa, 28 April 2020 - 11:04 WIB
Sri Sultan Menyapa: Saat Ini Seperti Masa-Masa Tahun 2006 Lalu
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X (Foto: Pemda DIY)

YOGYAKARTA, iNews.id - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X kembali menyapa warganya lewat media sosial di tengah pandemi Covid-19. Sri Sultan menyapa kali ini bertema kemanusiaan yang adil dan beradab yang mengingatkan masa sulit di gempa 2006.

Raja Keraton Yogyakarta ini menyampaikan, warga di tahun 2006 pernah mengalami musibah gempa. Banyak warga kehilangan rumah dan harta bendanya. Namun, saat itu semua orang saling menolong tanpa mempertanyakan agama apa yang dianut.

"Saat ini seperti masa-masa tahun 2006 lalu, kita melihat fenomena yang memberi harapan. Saat itu, para ulama lintas agama bekerja sama membantu para korban tanpa menanyakan 'apa agamamu'?," kata Sri Sultan dikutip akun YouTube Humas Pemda Jogja, Selasa (28/4/2020).

Dia menilai, generasi ke depan yang tidak mengalami musibah serupa akan bangga dengan sikap gotong royong warga. Sri Sultan pun melihat, kondisi warga saat pandemi corona hampir sama saat gempa Yogya 2006.

"Saat ini kita juga menyaksikan kisah-kisah mengharukan. Mereka bekerja sama dan saling berbagi. Orang-orang yang saling menjaga tetangganya. Bahkan dunia bisnis pun diubah menjadi dunia pengabdian bagi kemanusiaan," ujarnya.

Dalam Ramadan 1441 hijriah, Sultan pun mengharapkan warga menghadapi tantangan Covid-19 bersama-sama dan bergotong royong. Hal ini juga sesuai dengan sila ketiga yang berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab.


Editor : Nani Suherni