Tabungan Habis, Pelaku Usaha di Bantul Minta Objek Wisata Dibuka

Agregasi Harianjogja ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 11:30 WIB
Tabungan Habis, Pelaku Usaha di Bantul Minta Objek Wisata Dibuka
Kendaraan wisatawan yang ingin ke Pantai Parangtritis diminta putar balik, Senin (25/5/2020). (Foto: iNews/Trisna Purwoko)

BANTUL, iNews.id - Pandemi Covid-19 membuat sejumlah pelaku usaha di bidang pariwisata di kawasan pesisir Pantai Selatan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) frustasi. Mereka pun meminta pemkab setempat segera membuka objek wisata.

Salah satu sesepuh paguyuban persewaan motor ATV di Objek Wisata Pantai Parangtritis, Buang Santosa mengatakan, sejak pandemi Covid-19, dia kesulitan mendapatkan pendapatan. Di sisi lain, sampai kini tidak ada bantuan dari pemerintah kepada pelaku usaha di objek wisata di Bantul.

“Kami dianggap mampu. Kami berharap segera dibuka kembali, meski nantinya harus menerapkan protokol kesehatan, tidak masalah. Karena jika ditutup terus, bagaimana nasib keluarga kami?,” katanya, Rabu (27/5/2020).

Hal sama juga diungkapkan salah satu pemilik rumah makan seafood di Pantai Depok, Dardi Nugroho. Dardi mengaku sudah dua bulan aktivitas di rumah makannya lumpuh. Padahal, dirinya harus membayar angsuran ke salah satu bank yang nilainya mencapai jutaan rupiah.

“Jangan sampai diperpanjang lagi penutupannya. Kalau kemarin masih ada tabungan. Saat ini, sudah tidak ada pemasukan lagi,” ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo menyatakan, sampai saat ini pihaknya belum memastikan kapan objek wisata akan dibuka. Begitu juga dengan konsep new normal yang akan diterapkan saat objek wisata nantinya kembali dibuka.

“Kami masih menunggu perkembangan dan konsepnya akan seperti apa,” kata Kwintarto.

Artikel ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul "Pelaku Usaha Minta Objek Wisata di Bantul Segera Dibuka"


Editor : Nani Suherni