Tahap Awal Kota Yogya Sediakan 10.000 Dosis Vaksin untuk Lansia

Antara ยท Jumat, 26 Februari 2021 - 19:04:00 WIB
 Tahap Awal Kota Yogya Sediakan 10.000 Dosis Vaksin untuk Lansia
Pencanangan vaksinasi COVID-19 untuk warga lansia di Kota Yogyakarta, 26 Februari 2021 (Foto : Antara /Eka AR)

YOGYAKARTA, iNews.id- Pemerintah Kota Yogyakarta mulai mencanangkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk warga lanjut usia. Pemkot Yogya menjamin ketersediaan vaksin untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

“Pada hari ini menjadi awal pelaksanaan vaksinasi untuk lansia. 14 orang dari perwakilan masing-masing kecamatan ditambah perwakilan dari Komisi Daerah Lansia,” kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat pencanangan vaksinasi untuk lansia di Yogyakarta, Jumat (26/2/2021).

Menurut Haryadi, lansia menjadi salah satu kelompok masyarakat yang diprioritaskan menerima vaksin Covid-19 sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas warga dalam menghadapi pandemi Covid-19, terlebih banyak lansia di Kota Yogyakarta yang masih produktif dengan menjalankan beragam aktivitas sehari-hari.

“Oleh karenanya, warga senior di Kota Yogyakarta ini pun harus mendapat perlindungan yang optimal,” katanya.

Setelah pencanangan, vaksinasi untuk lansia akan dilanjutkan hingga seluruh lansia di Kota Yogyakarta mendapatkan vaksinasi. Di kota tersebut terdapat sekitar 46.000 lansia yaitu warga yang sudah berusia lebih dari 60 tahun.

Proses vaksinasi untuk lansia akan dilakukan bertahap. “Jadi, jangan khawatir tidak mendapat vaksinasi. Akan diatur dan dijadwal agar warga lansia ini bisa mengakses vaksinasi dengan mudah, misalnya di fasilitas kesehatan terdekat dengan domisili atau tempat tinggal mereka,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengatakan pada tahap awal sudah mengalokasikan sekitar 10.000 dosis vaksin untuk lansia dan jumlahnya akan terus ditambah karena pemerintah menjamin kebutuhan vaksin lansia terpenuhi.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2