Tekan Inflasi, Pemda DIY Kucurkan Subsidi Rp1,9 Miliar ke Distributor Bahan Pokok

Antara ยท Kamis, 17 November 2022 - 16:22:00 WIB
Tekan Inflasi, Pemda DIY Kucurkan Subsidi Rp1,9 Miliar ke Distributor Bahan Pokok
Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyerahkan subsidi kepada distributor bahan pangan untuk mencegah inflasi. (foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id -  Pemda DIY akan memberikan subsidi kepada distributor bahan pangan di wilayah DIY untuk menekan laju inflasi 2022. Anggaran yang disiapkan mencapai Rp1,9 miliar. 

“Dengan adanya subsidi ini diharapkan harga kebutuhan pokok bisa turun karena biaya pengiriman ditanggung pemerintah,” kata Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat dialog bersama pedagang dan distributor di Pasar Beringharjo Yogyakarta, Kamis (17/11/2022).

Saat ini, laju inflasi DIY hingga triwulan ketiga 2022 menyentuh angka 6,7 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi yang hanya 5,89 persen.

Subsidi ini diberikan Rp2.000 per kilogram untuk 958 ton kebutuhan pokok dengan nilai sekitar Rp1,9 miliar.  Subsidi diberikan kepada 11 distributor yang melakukan distribusi bahan kebutuhan pokok ke pedagang besar di tiga pasar tradisional di Kota Yogyakarta yaitu Pasar Beringharjo, Kranggan, dan Demangan.

Distribusi yang mendapatkan subsidi ini berupa beras, gula pasir, minyak goreng, ayam, dan daging sapi. Barang-barang ini selama ini cukup sensitif yang mempengaruhi inflasi.

”Ketiga pasar itu ipilih karena menjadi lokasi pemantauan harga bahan kebutuhan pokok oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: