Tim SSTK UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Terjadi di Cianjur

Antara ยท Selasa, 29 November 2022 - 09:45:00 WIB
Tim SSTK UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Terjadi di Cianjur
Kerusakan akibat gempa Cianjur, Senin (21/11/2022), Tim SSTK UGM menyebut telah mendeteksi gejala sebelum gempa terjadi. (Foto : Dok BNPB)


YOGYAKARTA, iNews.id - Ternyata Tim Peneliti Laboratorium Sistem Sensor dan Telekontrol (SSTK) Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika, Fakultas Teknik UGM telah mendeteksi gejala sebelum terjadi gempa magnitido 5,6 di Cianjur, Jawa Barat. Klaim tersebut disampaikan oleh ketua tim peneliti SSTK UGM Prof Sunarno.

Melalui keterangan terulisnya, Prof Sunarno mengatakan gejala tersebut tertangkap melalui sistem peringatan dini atau early warning system (EWS) gempa bumi yang dikembangkan dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

"Data pengukuran konsentrasi gas radon dilakukan mulai tanggal 1 November 2022 hingga tanggal 22 November 2022 di stasiun telemonitoring konsentrasi gas radon Daerah Istimewa Yogyakarta," kata Prof Sunarno, dalam keterangan tertulisnya di Yogyakarta, Senin (28/11/2022).

Dia menjelaskan, konsentrasi gas radon mengalami kenaikan hingga lebih dari sembilan kali lipat sebelum kejadian gempa bumi di Bengkulu berkekuatan magnitudo 6,8 pada 18 November 2022 dan di Cianjur magnitido 5,6 pada 21 November 2022.

Sunarto mengatakan berdasarkan data algoritma prediksi waktu terjadinya gempa bumi yang diintegrasikan dengan pesan otomatis melalui aplikasi Telegram, terdapat peringatan pada sistem peringatan dini gempa bumi yang telah dirancang oleh tim peneliti.

"Ketika sistem mengirimkan status waspada, maka prediksi gempa bumi satu samai empat hari ke depan akan terjadi di daerah antara Aceh hingga Nusa Tenggara Timur dengan magnitudo lebih dari 4,5," ujarnya.

Berdasarkan status waspada pada tanggal 18 November 2022 tersebut, Prof Sunarno lebih detail menjelaskan dalam satu sampai empat hari ke depan akan terjadi gempa dengan magnitudo lebih dari 4,5.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: