Tukang Becak Nakal yang 'Nuthuk' Tarif Akan Disanksi Tegas

Antara ยท Senin, 18 April 2022 - 22:31:00 WIB
 Tukang Becak Nakal yang 'Nuthuk' Tarif Akan Disanksi Tegas
Tukang becak nakal yang 'nuthuk' atau memungut tarif di luar batas kewajaran akan disanksi tegas. (foto : Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Tukang becak nakal yang 'nuthuk' atau memungut tarif di luar batas kewajaran akan disanksi tegas. Pemkot Jogja akan segera memberikan respon cepat terhadap berbagai pelanggaran atas pelayanan yang merugikan wisatawan seperti ini.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Senin (18/4/2022).

“Melalui Tim Terpadu, gabungan dari berbagai instansi di pemerintah daerah, akan memberikan respon cepat atas keluhan wisatawan. Kami akan bertindak cepat,” kata Heroe Poerwadi.

Tim Terpadu tersebut akan bergerak cepat menindaklanjuti keluhan dari wisatawan sesuai dengan standar operasional yang sudah ditetapkan yaitu diawali dengan klarifikasi.

Jika laporan atau keluhan dinyatakan benar maka oknum yang melakukan pelanggaran akan langsung dijatuhi sanksi. “Pelanggar tidak diperbolehkan beroperasi di kawasan Malioboro bahkan di kawasan lainnya. Sanksi bisa bersifat sementara waktu atau untuk selamanya,” katanya.

Heroe juga menyebut sudah meminta seluruh pimpinan komunitas atau paguyuban pelaku usaha jasa untuk mengatur anggotanya. Jika banyak anggotanya yang melanggar, maka komunitas atau paguyuban juga bisa terancam sanksi.

“Mulai dari teguran atau sanksi lebih keras lagi,” katanya.

Menurut dia, pemberian sanksi tegas diperlukan untuk memberikan efek jera karena ulah dari oknum tidak bertanggung jawab tersebut berpotensi merusak citra pariwisata di Yogyakarta.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: