UGM Pamerkan Arsip Kuno, Perkuliahan Pindah dari Keraton ke Bulaksumur

Kuntadi ยท Kamis, 11 Agustus 2022 - 21:38:00 WIB
UGM Pamerkan Arsip Kuno, Perkuliahan Pindah dari Keraton ke Bulaksumur
UGM memamerkan arsip kuno dari perkuliahan di Keraton sampai Bulaksumur. (foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id - Universitas Gadjah Mada (UGM) memamerkan arsip masa lalu bertajuk Perkuliahan UGM Tempo Doeloe. Pameran dibuka untuk umum mulai hari ini sampai  11 September 2022 di Teras Arsip UGM lantai 3 Gedung Perpustakaan UGM.

Berbagai dokumen kuno ditampilkan, baik berbentuk foto, tekstual dan video-video dokumenter yang menggambarkan perkuliahan saat berada di Kompleks Keraton Yogyakarta hingga di Kampus Bulaksumur. Setidaknya ada 33 foto, dan 40 arsip tekstual berupa panduan akademik, petunjuk masuk UGM, pidato stadium general, bahan ajar, panduan KKN, panduan pengabdian masyarakat, serta beberapa video dokumenter. 

“Arsip yang ditampilkan menggambarkan kondisi perkuliahaan di tahun 1950-an hingga tahun 1980-an dimana kuliah masih dilakukan di Komplek Keraton Yogyakarta sampai pindah di Bulaksumur,” tutur Arsiparis UGM, Muslichah.

Pameran ini merupakan rangkaian Dies Natalis Arsip UGM ke-18. Lewat pameran ini mahasiswa diajak untuk sejenak melihat potret kuliah di jaman dulu. Saat itu mahasiswa memiliki banyak tantangan dan kesulitan namun berhasil melewatinya.

“Harapannya mahasiswa saat ini juga bisa melewati berbagai tantangan yang ada,” ujarnya.
 
Awal perkuliahan UGM diselengarakan dengan segala keterbatasan. Perkuliahan dilaksanakan tidak terpusat di satu lokasi, tetapi tersebar di sejumlah tempat yang berada di kompleks Keraton Yogyakarta, Ngasem, Mangkubumen, Kadipaten, dan Jetis.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: