Ukraina Jengkel Gegara Jerman Tolak Kirim Tank Leopard dan Marder

Umaya Khusniah ยท Selasa, 13 September 2022 - 22:25:00 WIB
  Ukraina Jengkel Gegara Jerman Tolak Kirim Tank Leopard dan Marder
Ukraina jengkel lantaran Jerman menolak mengirimkan tank Leopard dan kendaraan tempur infanteri Marder. (Foto: Antara)

KIEV, iNews.id - Jerman menolak mengirimkan Tank Leopard dan kendaraan tempur Marder ke Ukraina. Penolakan ini membuat pemerintah Kiev jengkel.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba menuduh Jerman sengaja mengabaikan permintaan Kiev untuk tank Leopard dan kendaraan tempur infanteri Marder. 

Kuleba menyebut Jerman takut dengan Rusia. Selain itu Jerman juga dituding banyak alasan tak jelas saat menolak permintaan Ukraina. 

"Tidak ada satu pun argumen rasional tentang mengapa senjata-senjata ini tidak dapat dipasok, hanya ketakutan dan alasan yang abstrak," cuitnya, dalam bahasa yang luar biasa blak-blakan.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Jerman Christine Lambrecht menolak permintaan Ukraina untuk mengirim tank tempur. Ukraina mencapai kemajuan pesat dalam perang melawan Rusia dan membutuhkan lebih banyak senjata.

"Belum ada negara yang mengirim kendaraan tempur infanteri buatan Barat atau tank tempur utama sejauh ini," kata Lambrecht, dikutip dari Reuters, Senin (12/9/2022). 

Dia menjelaskan, Jerman sudah sepakat dengan negara-negara mitra untuk tidak melakukan langkah itu secara sepihak. Ini mengindikasikan pengiriman senjata buatan Barat ke Ukraina harus melalui persetujuan semua pihak terkait.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: