Vaksinasi Penguat Akan Diperbanyak, Digelar di Kelurahan dan Kecamatan

Antara ยท Jumat, 18 Maret 2022 - 21:27:00 WIB
 Vaksinasi Penguat Akan Diperbanyak, Digelar di Kelurahan dan Kecamatan
Pemberian vaksinasi dosis penguat di Kelurahan Bumijo Yogyakarta, Jumat (18/3/22). (Foto : Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemerintah Kota Yogyakarta memperbanyak strategi pemberian vaksinasi Covid-19 dosis penguat. Jika sebelumnya hanya dilakukan di pusat pelayanan kesehatan dan sentra vaksinasi, kini vaksin bosster akan digelar di kelurahan atau kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengaku ingin lebih mendekatkan program vaksinasi dosis penguat ke masyarakat. 

"Mengikuti permintaan masyarakat sehingga akan lebih banyak dilakukan di kelurahan atau kecamatan,” katanya di Yogyakarta, Jumat (18/3/2022).

Dengan mendekatkan layanan vaksinasi ke masyarakat, Emma berharap dapat melakukan percepatan pemberian vaksinasi dosis penguat meski capaian di Kota Yogyakarta sudah cukup baik.

Vaksinasi dosis penguat untuk lansia sudah mencapai 58,31 persen dari target dan secara capaian secara keseluruhan tercatat sebanyak 43,6 persen.

“Jika layanan vaksinasi hanya dibuka di fasyankes dan sentra vaksinasi, mungkin banyak yang enggan datang karena merasa tempatnya jauh. Makanya, dengan didekatkan seperti ini bisa lebih mudah dijangkau,” katanya.

Ia mencontohkan, saat layanan vaksinasi dosis penguat masih dibuka di sentra vaksinasi XT-Square, peminatnya rendah dan dosis vaksin yang disediakan tidak terserap 100 persen. “Misalnya kami membuka layanan untuk 2.000 dosis tetapi yang datang hanya 600 atau 700 orang,” katanya.

Salah satu kelurahan yang menggelar pemberian vaksinasi dosis penguat adalah Kelurahan Bumijo yang menyediakan 420 dosis vaksinasi dosis penguat untuk warga yang berdomisili di kelurahan tersebut.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: