Waduh, Tunggakan Pajak di Kota Yogya Capai 145 Miliar

Antara ยท Selasa, 17 Mei 2022 - 14:37:00 WIB
 Waduh, Tunggakan Pajak di Kota Yogya Capai 145 Miliar
BPKAD Kota Yogyakarta mencatat tunggakan pajak wajib pajak di Kota Yogya mencapai sekitar Rp145 miliar.. (Foto Ilustrasi : Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Tunggakan pajak dari wajib pajak di Kota Yogyakarta ternyata cukup tinggi. Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta mencatat tunggakan pajak daerah mencapai sekitar Rp145 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta Wasesa menyebut dari jumlah itu sebanyak 80 persennya atau Rp112 miliar berasal dari tunggakan pajak bumi dan bangunan  hingga tahun 2021.

“Nilai tunggakan pajak tersebut akan semakin besar jika ditambah dengan kalkulasi terhadap denda yang harus dibayarkan,” kata  Wasesa di Yogyakarta, Selasa (17/5/2022).

Menurut dia, sejumlah upaya dilakukan untuk memastikan wajib pajak memenuhi kewajiban mereka membayar pajak daerah, di antaranya membentuk juru sita pajak.

Selain itu pemerintah juga bekerja sama dengan bank milik Pemerintah Kota Yogyakarta, Bank Jogja, menyiapkan tabungan khusus untuk membayar pajak serta menyiapkan program bebas denda untuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Tabungan khusus yang diberi nama Mas Joko tersebut memungkinkan wajib pajak untuk menabung sejumlah uang secara bertahap yang nantinya digunakan untuk membayar PBB.

“Terkadang, ada objek pajak dengan ketetapan PBB yang cukup besar sehingga wajib pajak sulit memenuhi kewajibannya. Jika mereka menabung secara bertahap, maka diharapkan lebih meringankan kewajiban wajib pajak saat harus membayar pajak,” katanya.

BPKAD Kota Yogyakarta juga memberikan program bebas denda. “Untuk periode tertentu, program ini bisa dibuka tanpa harus melakukan pengajuan. Tetapi di luar itu, wajib pajak bisa mengajukan bebas denda. Biasanya, tetap kami kabulkan,” katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: