Wow Keren, TNI AU Kenalkan Embrio Aero Wisata Melalui Jogja Air Show

erfan erlin · Sabtu, 24 September 2022 - 16:35:00 WIB
Wow Keren, TNI AU Kenalkan Embrio Aero Wisata Melalui Jogja Air Show
Dengan pesawat Microlight ini, wisatawan nanti bisa menikmati keindahan alam DIY dari ketinggian.(Foto : MPI/erfan Erlin)

BANTUL, iNews.id- TNI Angkatan Udara (AU) melalui Lanud Adisutjipto akan memperkenalkan wahana yang satu-satunya ada di Indonesia. Mereka akan menawarkan menikmati keindahan alam DIY dan sekitarnya dari pesawat terbang.

Komandan Lanud Adisutjipto, Marsma TNI Azyar Aditama D menuturkan TNI AU bersama dengan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) setiap tahunnya menggelar Jogja Air Show (JAS). Gelaran ini mereka laksanakan untuk mensosialisasikan olahraga kedirgantaraan di DIY dan sekitarnya.

"Ini jelas mendukung industri pariwisata di DIY. Dampaknya cukup banyak untuk masyarakat," tutur dia, Sabtu (24/9/2022) di sela bakti sosial alumni AAU tahun 1993 di Pantai Depok.

Menurut dia, Lanud Adisutjipto memang selalu berusaha mendukung pemerintah dalam  meningkatkan kepariwisataan di DIY. Salah satunya adalah dengan FAS yang mereka selenggarakan selama tiga hari sejak hari Jumat, Sabtu dan Minggu (23-24-25/9/2022) ini.

Dan atas restu Komandan Kodiklat AU, TNI AU melalui Lanud Adisutjipto juga memperkenalkan embrio Aero Wisata kepada masyarakat DIY. Aero Wisata ini akan memberi kesempatan kepada masyarakat untuk bisa menikmati keindahan DIY dari atas udara menggunakan pesawat terbang. "Aero wisata ini nantinya akan menggunakan pesawat microlight," ujarnya.

Pesawat ini hanya berkapasitas dua orang yaitu satu pilot dan satu penumpang, namun juga ada yang berkapasitas tiga orang. Microlight adalah pesawat kecil dan aman sekali untuk diterbangkan serta nyaman untuk terbang berwisata. 

Saat ini jumlah Microlight yang mereka pelihara atau mereka rawat jumlahnya cukup banyak sehingga mampu melayani wisatawan yang berminat nantinya. Di mana sudah ada 22 pesawat Microlight yang terawat dengan baik dengan pilot yang mumpuni.

"Biasanya ini ada di luar negeri. Dan ini kita tawarkan pertama kali di Indonesia, di DIY ini," kata dia.

Pihaknya ingin menginisiasi dengan keistimewaan Jogja ini mereka akan memulai aerowisata di Indonesia. Kemungkinan Aerowisata belum secara resmi diluncurkan oleh pemerintah namun hal ini merupakan sesuatu yang baru.

Nantinya, Aerowisata ini akan menjadi salah satu ikon baru pariwisata di DIY. Rencananya, bulan depan Aerowisata ini akan diluncurkan secara resmi. Sehingga nantinya akan menjadi ikon baru sebuah wahana wisata udara di DIY. "Untuk mendukung Aerowisata ini semua fasilitas sudah ada," ujar dia.

Intinya adalah suatu sistem keasuransiannya karena semuanya sudah disiapkan. Pihaknya kini masih menunggu peraturan daerahnya saja untuk meluncurkan secara resmi wahana tersebut.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: