3 ASN di Kulonprogo Positif Covid-19, Wabup dan ASN Rapid Test

Kuntadi ยท Rabu, 07 Oktober 2020 - 14:41:00 WIB
3 ASN di Kulonprogo Positif Covid-19, Wabup dan ASN Rapid Test
Wakil Bupati Kulonprogo Fajar Gegana menjalani rapid test. (Foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id – Tiga aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo positif Covid-19. Untuk mencegah penularan, ribuan ASN dan tenaga honorer wajib mengikuti rapid test, termasuk bupati dan kepala dinas.

“Ada tiga ASN yang positif Covid-19, mereka sudah menjalani isolasi di rumah sakit,” kata Sekda Kulonprogo Astungkara usai mengikuti rapid test di Gedung Binangun Kompleks Pemkab Kulonprogo, Rabu (7/10/2020)

Astungkara mengatakan, saat ini Dinas Kesehatan sedang melakukan tracing terhadap temuan ini. Mereka yang melakukan kontak erat wajib mengikuti rapid test. Jika nanti dalam suatu kantor ada beberapa yang positif akan dilakukan penutupan sementara selama tiga hari.

“Selama ditutup kantor akan disemprot disinfektan untuk mencegah penularan,” kata Sekda.

Rapid test massal yang dilakukan merupakan upaya deteksi dini terhadap penularan Covid-19. Apalagi banyak ASN yang bekerja di sektor pelayanan publik yang kerap berhubungan dengan orang luar.

“Ketika hasil rapid test ada yang reaktif, maka wajib ditindaklanjuti dengan tes swab,” katanya.

Rapid test massal hari ini menyasar para pejabat di lingkungan Pemkab Kulonprogo, mulai wakil bupati, sekda, kepala dinas, protokol, dan ajudan. Bupati Sutedjo batal ikut, karena ada ketugasan yang tidak bisa ditinggalkan. Rencana bupati akan ikut esok hari.

“Rapid test ini merupakan lanjutan rapid test sebelumnya yang menyasar ASN. Masih ada beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang belum selesai,” kata Wabup Kulonprogo Fajar Gegana, sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo.

Terkait dengan ASN yang positif, Fajar telah meminta agar dilakukan tracing. Mereka yang kontak erat baik keluarga ataupun rekan sesama ASN wajib menjalani tes swab.

“Semoga hasil baik dan tidak ada penularan,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi