Brasil Borong Solar Diskon dari Rusia

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 13 Juli 2022 - 09:51:00 WIB
 Brasil Borong Solar Diskon dari Rusia
Brasil akan memborong solar Rusia. Ini setelah Moskow memberikan harga diskon besar-besaran. (Foto Ilustrasi : Reuters)

BRASILIA, iNews.idBrasil akan memborong solar Rusia. Ini setelah Moskow memberikan harga diskon besar-besaran. 

Kepada wartawan saat berkunjung ke Markas PBB di New York, AS, Selasa (12/7/2022), Menteri Luar Negeri Brasil, Carlos Franca menjelaskan kesepakatan  itu baru saja dicapai dengan Moskow.

“Kami harus memastikan bahwa kami memiliki cukup solar untuk sektor agrobisnis Brasil, dan tentu saja, untuk para pengguna kendaraan di Brasil,” kata Franca.

“Jadi, itulah mengapa kami mencari pemasok diesel yang aman dan sangat andal. Rusia adalah salah satunya,” tuturnya.

Franca tidak memberikan perincian lebih lanjut tentang transaksi energi tersebut. Namun, kata dia, Brasil ingin membeli solar sebanyak-banyaknya dari Rusia. 

Masih belum jelas bagaimana negara Amerika Latin itu akan membeli solar Rusia tanpa menghadapi sanksi Barat.

Ketika ditanya apakah ada penolakan Barat atas rencana untuk membeli diesel dari Rusia, Franca mengatakan tidak. Dia menjelaskan, Rusia adalah mitra strategis Brasil. 

Kedua negara sama-sama anggota BRICS, yakni kelompok ekonomi yang terdiri atas Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Blok tersebut dipandang sebagai alternatif pasar berkembang yang kuat bagi Barat.

“Kami sangat bergantung pada ekspor pupuk dari Rusia dan juga dari Belarus. Dan tentu saja, Rusia adalah penyedia minyak dan gas yang hebat. Anda dapat bertanya kepada Jerman tentang hal itu. Dapat bertanya kepada Eropa tentang itu. Jadi Brasil, kami kekurangan pasokan ini,” katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: