China dan Rusia Patroli Bersama Gunakan 8 Pesawat Pengebom dan Jet Tempur

Anton Suhartono ยท Rabu, 30 November 2022 - 21:10:00 WIB
 China dan Rusia Patroli Bersama Gunakan 8 Pesawat Pengebom dan Jet Tempur
Pesawat pengebom strategis Rusia dan China patroli udara bersama pada Rabu (30/11/2022). (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id - Angkatan Udara (AU) China dan Rusia melakukan patroli bersama Rabu (30/11/2022). Dua pesawat pengebom H-6 China serta enam pesawat Rusia yakni pengebom Tu-95 dan Sukhoi Su-35 memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korsel (KADIZ) beberapa kali.

Menghadapi situasi ini Korsel langsung mengerahkan jet tempur untuk mencegat delapan pesawat militer China dan Rusia. 

Menurut Kepala Staf Gabungan (JCS) Korsel, dua pesawat pengebom China berulang kali memasuki KADIZ di lepas pantai selatan dan timur laut sejak pukul 05.50 waktu setempat. 

Beberapa jam kemudian pesawat itu kembali memasuki KADIZ, yakni dari Laut Jepang atau Laut Timur. Namun kedatangannya kali ini bersama pesawat militer Rusia. Setelah 18 menit kemudian pesawat China dan Rusia meninggalkan KADIZ.

"Militer kami mengirim jet tempur Angkatan Udara menjelang pesawat China dan Rusia masuk KADIZ untuk menerapkan langkah-langkah taktis dalam persiapan menghadapi potensi kontinjensi," ujar JCS, seperti dikutip dari Reuters.

Sebenarnya KADIZ bukan wilayah udara Korsel. Itu adalah zona pertahanan udara yang mengharuskan pesawat asing mengidentifikasi diri. Tak seperti wilayah udara, zona KADIZ ini tidak diatur dalam hukum internasional.

Pemerintah Rusia tak mengakui zona pertahanan udara Korsel, sedangkan China memandang KADIZ bukan wilayah teritorial suatu negara sehingga semua negara bebaas mengudara.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: