Gua Cerme Yogyakarta, Merasakan Sensasi Sungai dan Air Terjun di Perut Bumi

Amelia Ayu Aldira ยท Rabu, 30 November 2022 - 20:56:00 WIB
 Gua Cerme Yogyakarta, Merasakan Sensasi Sungai dan Air Terjun di Perut Bumi
Indahnya Gua Cerme di Bantul, Yogyakarta. (Foto : @traveller_2124)

JAKARTA, iNews.id - Gua Cerme Yogyakarta merupakan gua indah yang menjadi daya tarik para wisatawan. Gua Cerme juga memberikan sensasi mendebarkan karena letak sungai dan air terjunnya berada di perut bumi. 

Letak Gua Cerme berada di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, dan ujungnya berada di Dusun Ploso, Giritirto, Panggang, Gunungkidul. Gua ini berada di ketinggian sekitar 500 mdpl dan dengan panjang gua sekitar 1200 meter.

Gua Cerme tidak hanya memiliki keindahan stalaktit dan stalagmit, tetapi juga air terjun dan sungai bawah tanah yang mengalir di sepanjang gua serta memiliki nilai sejarah dalam perkembangan Islam di Pulau Jawa. 

Selain itu, Gua Cerme mempunyai agenda rutin atraksi wisata seperti upacara Jodhangan yang diselenggarakan oleh masyarakat Srunggo, Selopamioro. Upacara ini diadakan setiap Minggu Pahing Bulan Besar atau Sura, kalender Jawa. 

Sejarah Gua Cerme 
Gua Cerme ini termasuk gua yang bersejarah karena sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Menurut cerita yang diyakini masyarakat, keberadaan gua ini ditemukan oleh Sunan Kalijaga. Beliau menjadikan gua tersebut sebagai tempat berdakwah atau berceramah, karena itulah gua ini diberi nama “Cerme”.

Di Gua Cerme inilah lahir ide untuk membangun Masjid Agung Demak. Sejak saat itu, Gua Cerme menjadi gua yang sering dijadikan tempat meditasi untuk mencari ketenangan batin. Gua Cerme juga sudah dikenal sebagai tempat wisata sejak 1980-an. Selain untuk mengundang para peziarah, para pecinta alam pun juga datang ke gua ini.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: